Empat tim ke semifinal Piala AFF putri

id sepak bola putri,piala aff,berita sumsel,berita palembang,berita antara,zona Asia Tenggara,AFC Cup, Filipina

Empat tim ke semifinal Piala AFF putri

Pertandingan Piala AFF. (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Empat tim lolos ke semifinal pada turnamen sepak bola putri antarnegara zona Asia Tenggara atau Piala AFF Putri 2018 di Palembang yang digelar sejak 30 Juni hingga 14 Juli mendatang.

Tim dari Thailand dan Australia berhasil keluar sebagai juara dan runner up Grup A menyingkirkan Malaysia, Kamboja dan Timur Leste yang berada di peringkat tiga hingga lima klasemen akhir.

Hasil pada Grup A ini sesuai dengan prediksi mengingat Thailand dan Australia merupakan wakil zona Asia Tenggara pada Piala Dunia 2019. Hanya saja pada duel kedua tim unggulan ini, Australia harus mengakui ketangguhan Thailand setelah dipukul 2-4.

Sementara hasil mengejutkan terjadi di Grup B karena wakil zona Asia Tenggara di AFC Cup, Filipina justru gagal melaju ke semifinal setelah hanya bertengger di peringkat ketiga klasemen akhir. Dua tiket ke babak empat besar diraih Vietnam dan Myanmar.

Kegagalan Filipina ini tak lepas dari kekalahan mereka dari Myanmar 0-4 pada laga perdana dan ditahan imbang 3-3 oleh Timnas Indonesia.

Atas hasil ini, peringkat ketiga hingga lima pada Grup B ditempati Filipina, Indonesia dan Singapura.

Timnas Indonesia harus puas berada di peringkat empat setelah hanya meraih hasil imbang 0-0 dari Singapura, kalah telak atas Vietnam 0-6, demikian pula atas Myanmar 1-6 dan meraih hasil imbang 3-3 dari Filiphina.

Pelatih Timnas Indonesia Satia Bagdja Ijatna mengatakan meski gagal ke semifinal namun timnas menujukkan tren positif hingga pertandingan terakhir.

"Timnas sudah absen tiga tahun di AFF, bagi kami memang sulit untuk mencapai semifinal. Namun setidaknya ini menjadi kesempatan untuk mematangkan tim bermain di Asian Games nanti pada Agustus," kata Satia.

Sementara itu, pertandingan semifinal dijadwalkan berlangsung, Rabu (11/7) yang mempertemukan Australia dengan Myanmar dan Thailand melawan Myanmar.