LRT Palembang jadi sarana transportasi wisata

id lrt,berita sumsel,berita palembang,transportasi wisata,asian games,Alex Noerdin

LRT Palembang jadi sarana transportasi wisata

Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang tiba di depo LRT Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan dini hari. (ANTARA Sumsel News/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kereta rel ringan atau "light rail transit" di Palembang menjadi sarana transportasi pelancongan karena jalur melintasi beberapa destinasi wisata ibu kota Provinsi Sumatera Selatan.

Jalur kereta api ringan mulai dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II menuju kawasan olahraga Jakabaring Palembang itu melalui tempat wisata, kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Senin.

Lebih lanjut dia mengatakan, jalur kereta listrik itu antara lain melalui Pasar Cende yang bernilai sejarah bagi masyarakat Sumsel.

Selain itu LRT melalui Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak dan Sungai Musi Palembang, destinasi wisata andalan Palembang, ujar dia.

Menurut dia, begitu juga dengan kawasan olahraga Jakabaring Palembang. Di sekitar lokasi tersebut ada stasiun pemberhentian dan dempo kereta listrik.

Kawasan Jakabaring Palembang pasca-SEA Games 2011 menjadi tempat wisata olahraga bagi masyarakat Sumsel dan Indonesia, ujar dia.

Oleh karena itu kereta api ringan tersebut dapat dijadikan sebagai sarana transportasi bagi masyarakat untuk melihat keindahan kota Palembang, ujar dia.

Namun, lanjut dia, yang lebih penting lagi kereta api ringan tersebut sebagai solusi untuk mengatasi kemacaten yang telah terjadi sekarang ini.

LRT yang direncanakan diresmikan Presiden Joko Widodo itu pada tahap awaln dijadikan sarana transportasi i peserta Asian Games, Agustus-September 2018, kata dia.

Usai pelaksanaan pesta olahraga internasional mendatang kereta listrik tersebut akan dijadikan sebagai serana angkutan massal termasuk bagi masyarakat untuk melihat tempat wisata, kata dia.

Sehubungan itu kereta api di atas itu untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat terutama dalam bertransportasi termasuk berwisata di Kota Palembang, tambah dia.