Pasukan pertahanan udara Suriah tembak pesawat Israel

id pesawat tempur, rudal,suriah,israel,serangan israel

Pasukan pertahanan udara Suriah tembak pesawat Israel

Tiga pesawat tempur. (ANTARA/Feny Selly)

Damaskus, Suriah (Antara/Xinhua-OANA) - Pertahanan udara Suriah menembak satu pesawat tempat Israel selama serangan udara Israel terhadap Pangkalan Udara T-4 Suriah di Suriah Tengah, Ahad (8/7), kata militer Suriah di dalam satu pernyataan melalui stasiun TV.

Pertahanan Udara Suriah telah memaksa pesawat tempur lain Israel meninggalkan wilayah udara Suriah, setelah satu jet tempur ditembak dan banyak rudal dicegat, kata laporan tersebut.

Laporan itu tidak memberi perincian mengenai pesawat tempur Israel yang diserang tersebut, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi. Itu bukan pesawat pertama yang diserang sebab pada Februari satu F-16 Israel jatuh di Israel Utara setelah ditembak oleh sistem pertahanan udara Suriah.

Sementara itu, stasiun televisi tersebut menyatakan enam rudal mendarat di sekitar pangkalan udara selama serangan pada Ahad. Ditambahkannya, kerugian terjadi tapi tak ada laporan mengenai korban tewas.

Stasiun TV itu mengudarakan rekaman video telepon genggam, yang memperlihatkan rudal pertahanan udara menerangi langit saat memburu sasaran Israel.

Israel telah melancarkan beberapa serangan terhadap pangkalan udara khusus Suriah pada masa lalu, dan mengklaim Israel "membidik senjata dan petempur Iran". Israel menyatakan Israel takkan mentolerir pengaruh Iran di Suriah.

Pangkalan Udara T-4 diserang pada April, dan serangan tersebut dilaporkan "ditujukan kepada petempur Iran".

Tapi para pejabat pemerintah Suriah berulangkali mengatakan daerah yang menjadi sasaran adalah pangkalan Suriah dan tentara yang tewas adalah prajurit Suriah.

Serangan itu dilancarkan saat militer Suriah bergerak maju di Suriah Selatan di daerah di dekat Dataran Tinggi Golan, yang diduduki Israel, sehingga menyulut kemarahan Israel. Israel mengkhawatirkan meluasnya pengaruh petempur dukungan Iran, Hizbullah, di daerah tersebut.