Final rekapitulasi KPU, HD-MY juara pilgub Sumsel

id Pilgub sumsel,KPU Sumsel,Rekapitulasi,herman deru,HDMY

Final rekapitulasi KPU, HD-MY juara pilgub Sumsel

Arsip-Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan nomor urut satu Herman Deru (kiri)-Mawardi Yahya (kanan) menyampaikan visi dan misi saat Debat Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (14/3). (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Herman Deru - Mawardi Yahya dinyatakan unggul dalam pilkada provinsi Sumatera Selatan berdasarkan rekapitulasi akhir Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan di Palembang, Minggu.

Pantauan antarasumsel.com KPU Sumsel menyelesaikan proses rekapitulasi dan hasilnya Paslon nomor urut 1 Herman Deru - Mawardi Yahya unggul dalam pilgub Sumsel.

"Proses rekapitulasi sudah selesai dan hasilnya juga sudah keluar, tinggal menunggu beberapa hari lagi baru bisa kami anggap sah jika tidak ada gugatan yang masuk ke Mahkamah Konstitusi berkenaan dengan sengketa hasil pilkada," ujar Ketua KPU Sumsel Aspahani. 

Berikut hasil rekapitulasi resmi KPU Sumsel;

1. Herman Deru - Mawardi Yahya 1.394.438 suara 
2. Aswari Rivai - Irwansyah 442.820 suara 
3. Ishak Mekki - Yudha Pratama 839.743 suara 
4. Dodi Reza - Giri Ramandana 1.200.625 suara

Suara sah 3.877.626
Suara tidak sah 133.072
Total suara 4.010.698

Ketua KPU Sumsel Aspahani juga mengatakan hasil rekapitulasi digunakan MK untuk memutuskan pengesahan kemenangan Herman Deru - Mawardi Yahya, jika tidak ada gugatan yang masuk ke MK tiga hari dari penetapan hasil, maka dianggap sudah sah. 

Namun jika ada gugatan yang masuk ke MK, maka kemungkinan masih menunggu gugatan tersebut diselesaikan oleh MK itu sendiri. 

Rapat pleno terbuka rekapitulasi  tidak diterima oleh saksi paslon nomor urut 4 Dodi-Giri unggul dengan alasan pelaksanaan pilkada banyak kecacatan serta meyakini ada banyak permasalahan DPT di beberapa wilayah.