Mahasiswa ciptakan pupuk organik limbah tahu

id pupuk organik,limbah tahu,penyubur tanaman,berita sumsel,berita palembang

Mahasiswa ciptakan pupuk organik limbah tahu

Petani menyebar pupuk di sawah. (ANTARA)

Malang (ANTARA News Sumsel) - Mahasiswa Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menciptakan pupuk organik dengan memanfaatkan limbah tahu untuk tanaman microgreen, hydrilla dan hidrogel.

Salah seorang pencipta pupuk organik yang diberi nama "Vegredilla" itu, Nasihul Mukmin di Malang, Minggu mengemukakan ide inovasi yang mereka buat berawal dari keresahan akan fenomena alih fungsi lahan yang mengakibatkan terbatasnya ruang untuk menanam tanaman.

"Kami juga mendapatkan data bahwa konsumsi sayuran masyarakat kita mengalami peningkatan. Oleh karena itu, kami berfikir bagaimana caranya bisa menciptakan inovasi yang sesuai dengan kedua kondisi tersebut," katanya.

Ia menambahkan, hasil dari pengolahan limbah tahu menjadi pupuk organik dirasa cocok dan terbukti mampu meningkatkan nilai nutrisi tanaman yang menggunakan pupuk tersebut. Microgreen yang merupakan salah satu jenis tanaman konsumsi bisa memiliki nutrisi yang lebih tinggi bila menggunakan pupuk organik dari limbah tahu ini.

Selain inovatif untuk meningkatkan kandungan nutrisi tanaman, terobosan ini juga berhasil terpilih sebagai Juara 1 dalam ajang Agrifasco 2018 yang diadakan di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Januari lalu.

Tim UMM berhasil menjadi juara setelah mengalahkan berbagai inovasi lain dari seluruh universitas di Indonesia yang berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Ia menerangkan dari 10 finalis yang presentasi, UMM keluar sebagai juara, disusul Universitas Tanjung Pura dan Universitas Gajah Mada (UGM) di tempat ketiga.

Dosen pendamping tim Vegredilla UMM, Erfan Dani Septia mengakui capaian mahasiswanya ini merupakan hasil yang luar biasa. Meskipun juara bukan menjadi target utama, hasil ini menjadi bonus usaha yang selama ini dilakukan.

"Saya selalu menekankan pada mahasiswa bahwa yang terpenting adalah kita bisa berproses dengan baik. Soal bagaimana hasilnya nanti itu sekedar bonus saja," ucapnya.

Erfan menambahkan bahwa karya mahasiswanya ini dianggap sebagai salah satu bentuk inovasi tepat guna oleh juri. Faktor tersebut yang akhirnya menjadi nilai plus pada saat sesi penilaian. "Dan, itu pula yang akhirnya membawa mahasiswa UMM keluar sebagai juara," ucapnya.

Vgedrilla merupakan inovasi yang terdiri dari kombinasi pemanfaatan limbah tahu sebagai pupuk organik bagi tanaman microgreen, hydrilla dan juga hidrogel.

Selain Nasihul Mukmin, mahasiswa lainnya yang terlibat dalam penemuan inovasi tersebut adalah Sarabila Karima, mahasiswa Program Studi (Prodi) Agribisnis dan Prodi Agroteknologi FPP UMM.