Sekolah jangan takut tidak kebagian murid

id sekolah,daftar sekolah,berita sumsel,berita palembang,berita,Rejang Lebong,siswa baru,penerimaan siswa baru

Sekolah jangan takut tidak kebagian murid

Arsip- siswa baru. (ANTARA)

Rejang Lebong (ANTARA News Sumsel) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengimbau sekolah di daerah itu untuk tidak khawatir tidak kebagian murid.

Kepala Disdikbud Rejang Lebong, Tarsisius Samuji di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan pemberlakuan sistem zonasi murni pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) di daerah itu yang dilangsungkan mulai 2-9 Juli nanti, tidak perlu takut kekurangan murid.

"Pihak sekolah tidak perlu khawatir akan kekurangan murid pada PPDB yang dilaksanakan di masing-masing sekolah. Jika nantinya kita lihat ada sekolah yang daya tampungnya belum maksimal maka akan kita salurkan ke sekolah itu," katanya.

Untuk memastikan sekolah baik SD maupun SMP negeri yang ada di masing-masing kecamatan dirinya sudah melakukan pemantauan ke lapangan bersama dengan tim, berdasarkan zona tempat tinggal bukan zona daerah, di mana dibuktikan dengan kartu keluarga dan KTP orang tua masing-masing.

Pemantauan yang mereka lakukan selain berjalannya prosedur penerimaan murid baru berdasarkan tiga kriteria yakni jalur tempat tinggal (zonasi), jalur kedua anak berprestasi dan jalur ketiga ialah jalur guru, di mana ini diberikan kepada anak-anak guru yang mengajar di sekolah dalam satu wilayah.

"Pembagiannya jalur tempat tinggal 90 persen, jalur prestasi akademik dan non akademik lima persen dan lima persen jalur guru. Untuk ," ujarnya.

Tujuan pemberlakuan zonasi murni pada pelaksanaan PPDB kata Samuji untuk memudahkan siswa sekolah di wilayahnya masing-masing juga membantu para orang tua dalam penghematan ongkos sekolah setiap harinya juga membantu sekolah agar tidak kekurangan murid sehingga terjadi pemerataan.