Kroasia akhiri mimpi Rusia di Piala Dunia lewat adu penalti

id kroasia,timnas kroasia,timnas rusia,berita sumsel,berita palembang,berita antara,piala dunia

Kroasia akhiri mimpi Rusia di Piala Dunia lewat adu penalti

Timnas Kroasia. (ANTARA News Sumsel/Reuters)

Sochi, Rusia (Antara/Reuters) - Kroasia mengakhiri mimpi buruk Piala Dunia Rusia ketika mereka menang 4-3 melalui drama adu penalti untuk menyingkirkan tuan rumah setelah pertandingan dramatis babak perempat final itu berakhir imbang 2-2 dan dilakukan perpanjangan waktu, Sabtu.

Ivan Rakitic memastikan kemenangan Kroasia setelah sukses sebagai eksekutor penalti terakhir untuk mengirim Kroasia ke semifinal melawan Inggris setelah ketegangan tanpa henti di Sochi, sekaligus mengakhiri penampilan luar biasa Rusia. tim peringkat ke-70 dunia itu.

Tendangan Fyodor Smolov sebagai eksekutor penalti pertama Rusia digagalkan oleh Danijel Subasic dan, meskipun penjaga gawang Rusia Igor Akinfeev mampu menyelamatkan gawangnya dari tendangan Mateo Kovacic, namun nasib tuan rumah terkunci setelah Mario Fernandes melepaskan tembakan sepenuhnya dari usaha ketiga mereka.

Pada 120 menit sebelumnya, Denis Cheryshev membawa Rusia unggul dengan tendangan keras jarak jauh, gol keempatnya di turnamen itu, pada menit ke-31 sebelum Andrej Kramaric mengantarkan Kroasia menyamakan kedudukan enam menit sebelum babak pertama berakhir.

Kroasia kemudian melanjutkan keunggulan dengan sundulan cantik di menit ke-11 perpanjangan waktu, tetapi Fernandes kelahiran Brazil mampu menyamakan kedudukan untuk tuan rumah melalui sundulan kepalanya pada sisa waktu lima menit dan memastikan penentuan pemenang melalui adu penalti.

Rusia telah melampaui harapan dengan melaju sampai putaran delapan besar, diantaranya dengan menaklukkan Spanyol.

Setelah pembukaan yang meriah, tempo permainan menurun dengan sesi saling berebut bola di lini tengah. Tetapi hal itu lebih sebagai pendekatan Rusia yang lebih sederhana dan terbayarkan saat mereka menyerang dengan tiba-tiba.

Cheryshev menggiring bola di dekat garis tengah, bertukar umpan dengan Artem Dzyuba dan selanjutnya melepas tembakan sejauh 25 meter melewati Subasic.

Namun kelengahan barisan belakang Kroasia itu dibayar lunas delapan menit kemudian. Mario Mandzukic berlari tak tertandingi ke area penalti dan selanjutnya melepas bola rendah ke tengah di mana Kramaric yang tidak terkawal menerima dengan sundulannya.

Kroasia sangat dekat dengan kemenangan setelah pertandingan berjalan satu jam ketika pertahanan Rusia gagal membendung bola dan tembakan Ivan Perisic membentur bagian dalam mistar tetapi memantul lagi tanpa ancaman yang membahayakan di muka gawang.

Kroasia tampaknya kembali akan memenangkan pertandingan setelah gol saat perpanjangan waktu Vida sebelum Fernandes bangkit dengan sundulan kepala menyambut umpan tendangan bebas dan mengirim kedua tim ke fase adu penalti kedua mereka di turnamen Piala Dunia.