Yamaha Lexi klaim irit 50 persen dengan Blue Core

id Yamaha,Lexi,Yamaha lexi,Blue core,Belanja,Hemat bbm

Yamaha Lexi klaim irit 50 persen dengan Blue Core

Seorang SPG berpose diatas motor Yamaha Lexi dengan teknologi Blue Core di Palembang, Sabtu (7/7/18). (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Akhir-akhir ini harga minyak dunia terus bergerak dinamis, hal inilah yang mendesak pemerintah untuk dapat melakukan penyesuaian harga, khususnya pada jenis BBM tertentu.

Menyikapi hal tersebut, Yamaha menjawab melalui kecerdasan teknologi, yaitu teknologi Blue Core.

“Blue Core adalah inovasi Yamaha yang membuat sepeda motor menjadi efisien, bertenaga dan handal, 50 persen lebih irit dan tenaga besar,” ujar General Manager After Sales Yamaha Thamrin Brother Billy Leonardi di Palembang, Sabtu.

Ia mengatakan untuk membuktikan seberapa irit konsumsi bahan bakar sepeda motor yang menggunakan teknologi Blue Core ini Yamaha menggunakan suatu alat yang dinamakan “FCT” (Fuel Consumption Tester).

“Melalui alat ini kita bisa mengetahui perbedaan konsumsi bahan bakar dengan cara penggunaan yang berbeda yaitu antara berkendara dengan menggunakan dan tanpa menggunakan “ECO” indikator,” ujarnya.

ECO indikator adalah salah satu fitur yang disematkan pada sepeda motor Yamaha dimana lampu indikator akan menyala pada kecepatan dan putaran mesin tertentu, dimana pada kondisi tersebut kondisi bahan bakar paling efisien, rentan kecepatannya antara 20 hingga 60 Kilometer per jam.

“Manfaat penggunaan ECO indikator ini diantaranya irit bahan bakar, mesin lebih awet dan ramah lingkungan,” ujarnya.

Untuk metode pengukuran yang dilakukan yakni gelas ukur pada alat akan dihubungkan dengan tangki bahan bakar pada sepeda motor, sehingga mudah untuk mengetahui banyaknya pemakaian BBM saat tes dilakukan.

Setelah itu pada roda belakang akan disematkan sensor kecepatan, hal ini dilakukan agar bisa mengetahui kecepatan dan jarak tempug kendaraan yang diuji.

Tahap berikutnya yakni pengukuran, yakni dengan melakukan perhitungab konsumsi bahan bakar berdasarkan jumlah bahan bakar yang digunakan seperti perbandingan Kilometer per liter, biaya yang dikeluarkan dan simulasi penggunaan harian.

“Dengan teknologi Blue Core kendaraan akan lebih bertenaga, handal dan tetap hemat dalam konsumsi bahan bakar. Jika ingin lebih hemat lagi, manfaatkan ECO indikator,” tutupnya.