Pemprov sediakan pelayanan darurat jelang Asian Games

id layanan darurat,berita sumsel,berita palembang,berita sumatera,telpon darurat,asian games

Pemprov sediakan pelayanan darurat jelang Asian Games

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ahmad M. Imran, Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Zulkarnain menekan tombol tanda peluncuran panggilan darurat 112 Palembang,. (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin M)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyediakan program Palembang Siaga melalui nomor panggilan 112 agar pertolongan dapat disegerakan manakala terjadi sesuatu kedaruratan menjelang dan pada pelaksanaan Asian Games, 18 Agustus-3 September 2018.

Sebagai tuan rumah Asian Games, maka berbagai infrastruktur harus tersedia termasuk pelayanan darurat, kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Jumat.

Oleh karena itu pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan layanan darurat yang dapat dipanggil setiap saat atau Palembang Siaga, kata dia.

Dia mengatakan, pelayanan itu untuk mengantisipasi situasi kedaruratan, misalnya kebakaran, kejadian, kecelakaan lalu lintas terutama bagi peserta dan pendukung pesta olahraga internasional mendatang.

Memang, lanjut dia, sebagai tuan rumah Asian Games Pemprov Sumsel perlu menyiapkan sarana dan prasarana pesta olahraga internasional tersebut.

Jadi Pemerintah Provinsi Sumsel menyiapkan segala keperluan infrastruktur maupun sarana penunjang telekomunikasi dan informasi, ujar dia.

Bukan itu saja tetapi penyelenggaraan pemerintah yang berbasis teknologi dan informasi harus dilaksanakan dengan efisien dengan mewujudkan jejaring komunikasi,kata dia.

Menurut dia, selain itu dalam mewujudkan hal tersebut maka perlu kolaborasi dan koordinasi lintas instansi termasuk elemen masyarakat.

Asian Games ia nilai telah mendatangkan banyak manfaat baik pad infrastruktur maupun budaya di Sumsel, jadi pesta olahraga akbar tersebut akan mencerminkan kebudayaan bangsa, kata dia.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumsel Inanda mengatakan, pelayanan itu ditujukan untuk memberikan pelayanan panggilan darurat kepada delegasi atau atlet yang akan bertanding serta datang pada saat Asian Games 2018.