Mendikbud: Sekolah swasta harus berkualitas dari negeri

id Muhadjir Effendy,sekolah swasta,sekolah negeri,kualitas sekolah swasta,berita sumsel,berita palembang

Mendikbud: Sekolah swasta harus berkualitas dari negeri

Muhadjir Effendy (ANTARA)

Padang (ANTARA News Sumsel) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyatakan sekolah swasta harus berkualitas yang lebih baik dari sekolah negeri jika ingin terus mendapatkan murid pada setiap tahun ajaran baru.

Kalau kualitasnya rendah tentu siswa tidak mau bersekolah di sekolah swasta karena saat ini sekolah negeri memiliki kualitas baik dan tidak dipungut biaya," katanya saat meresmikan Edotel SMK Pariwisata Aisyiyah di Padang, Jumat.

Menurutnya sekolah swasta harus memperbaiki kualitas , baik dari bidang sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia (DM) agar menjadi lebih berkompeten.

Ia mencontohkan SMK Pariwisata Aisyiyah yang saat ini akan membangun Edotel atau hotel pendidikan untuk siswa mereka yang akan melaksanakan praktek lapangan. "Kualitas harus terus ditingkatkan menjadi lebih baik sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin bersekolah di sekolah swasta," kata Mendikbud.

Menurut dia, ada empat program keahlian yang saat ini didorong pemerintah yaitu kelautan, pariwisata, pertanian produktif dan bidang kreatif.

"Kita mendukung langkah masyarakat yang berkeinginan membangun sekolah dengan persyaratan harus melengkapi ketentuan telah ditetapkan dengan kualitas yang lebih baik," katanya.

Sedangkan, Ketua PW Aisyiyah Sumatera Barat, Meiliarni Rusli mengatakan pihaknya membangun sekolah pariwisata karena daerah ini merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia.

"Keunggulan Sumatera Barat sebagai destinasi wisata halal dan kuliner sehingga ini menjadi pertimbangan membuat sekolah ini," ujarnya.

Pihaknya akan membangun hotel bintang tiga dengan bangunan tiga lantai.Hotel itu rencananya akan memiliki kapasitas 40 kamar menjadi tempat praktek siswa SMK Pariwisata Aisyiyah.

"Kami saat ini baru memiliki lahan dan mengumpulkan dana untuk membangun Edotel SMK Pariwisata Aisyiyah ini," kata Meiliarni..