Palembang lakukan imunisasi massal cegah Rubella

id Letizia,cegah Rubella,virus Measles Rubella,berita sumsel,berita palembang,imunisasi MR

Palembang lakukan imunisasi massal cegah Rubella

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia MKes . (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin M)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota(Pemkot) Palembang akan melakukan imunisasi massal di seluruh Sekolah Dasar (SD) untuk mencegah masuknya virusnya Measles Rubella (MR) sesuai dengan instruksi pemerintah di tingkat pusat.

Kadis Kesehatan Kota Palembang, Letizia, di Palembang, Jumat, mengatakan, imunisasi ini sebagai wujud komitmen Indonesia dalam mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella/CSR pada 2020.

"Mempercepat pencapaian tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan kampanye, imunisasi massal dan edukasi mengenai rubella," katanya.

Letizia menerangkan, imunisasi MR mulai dilaksanakan pada Agustus 2018g pada anak usia sekolah 7 hingga 15 tahun dilaksanakan di seluruh PAUD, SD dan SMP.

Sedangkan, pada September Imunisasi MR diberikan untuk bayi usia 9 bulan hingga 7 tahun dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas, dan sarana kesehatan lainnya.

"Imunisasi massal adalah salah satu upaya, menyusul mengintensifkan sosialisasi atau kampanye," ujarnya.

Salah seorang ahli bidang kesehatan, Dr Rahmat, menyampaikan campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Hingga kini tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella. Namun, penyakit ini dapat dicegah melalui imunisasi dengan vaksin MR. "Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus," kata Rahmat.

Ia menambahkan, campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang ditularkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin.

Gejala penyakit campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash), disertai dengan batuk dan pilek dan atau konjungtivitis akan sangat berbahaya apabila disertai dengan komplikasi pneumonia, diare, meningitis dan bahkan dapat menyebabkan kematian.