Kemenkes siapkan tujuh RS rujukan Asian Games di Sumsel

id asian games,rumah sakit rujuka asian games,berita sumsel,berita palembang,kemenkes

Kemenkes siapkan tujuh RS rujukan Asian Games di Sumsel

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (tiga kiri) didampingi Alex Noerdin (tiga kanan) saat meninjau fasilitas Cath Lab pada peresmian Rumah Sakit Umum Daerah Sumatra Selatan (RSUD Sumsel). (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Kementerian Kesehatan menyiapkan 28 rumah sakit rujukan utama yang tersebar di empat provinsi untuk antisipasi penanganan cedera dalam penyelenggaraan Asian Games 2018.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, 28 rumah sakit yang disiagakan tersebut berada di empat provinai penyelenggaraan Asian Games 2018, yaitu 15 rumah sakit di DKI Jakarta, lima rumah sakit di Sumatera Selatan, tujuh rumah sakit di Jawa Barat, dan satu di Banten.

Rumah sakit yang disiagakan Kemenkes di DKI Jakarta antara lain RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, RSUP Persahabatan, RSUP Fatmawati, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianto Saroso, RS Pusat Otak Nasional.

Selanjutnya RSPAD Gatot Subroto, RSAL. Dr. Mintoharjo, RS Bhayangkara Tk. I Said R Sukanto, RS Olahraga Nasional, RSUD Tarakan, RSUD Pasar Rebo, RS Pusat Pertamina, RS Mitra Kemayoran, dan RS MMC.

Untuk Provinsi Sumatera Selatan antara lain RS Hoesin Palembang, RSUD Palembang Bari, RS Charitas, RS Siti Khadijah, RS Siloam Palembang.

Di Jawa Barat yaitu RS Hasan Sadikin, RSUD dr. Chasbullah Abdul Madjid Kota Bekasi, RSUD Ciawi, RSUD Cibinong, RS Santosa Kopo, RS Mitra Keluarga Bekasi Barat, RS Hermina Grand Wisata Bekasi. Sementara di Provinsi Banten disiagakan di RS Umum Sitanala Tangerang.

Penetapan lokasi rumah sakit ditentukan berdasarkan kriteria ketat yang ditetapkan kementerian Kesehatan, antara lain harus terakreditasi dan kemudahan akses dari arena pertandingan menuju rumah sakit tersebut.

Kementerian Kesehatan juga menyiagakan 1400 tenaga kesehatan yang terdiri dari 407 tujuh dokter, 813 perawat, dan 180 fisioterapis yang akan didistribusikan ke lokasi pertandingan Asian Games 2018.

Kemenkes juga telah menyiapkan 25 ambulans gawat darurat dengan kelengkapan yang bisa melakukan penanganan gawat darurat di dalam mobil untuk antisipasi dalam pelaksanaan Asian Games ke-18.