TMMD buka daerah terisolir Ogan Komering Ulu

id tni bangun jalan,berita sumsel,berita palembang,tni masuk desa,pembuatan jalan oleh tni,akses jalana desa,Letkol Arm Agung Widodo

TMMD buka daerah terisolir Ogan Komering Ulu

Arsip- TNI bangun jalan penghubung antar dua desa (ANTARA News Sumsel/E Permana)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2018 akan membuka daerah terisolir di Desa Belimbing, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan dan direncanakan mulai 10 Juli hingga 8 Agustus mendatang.

Kapenrem 044 Garuda Dempo Mayor Inf Aris Barunawan di Palembang, Rabu mengatakan, anggota TNI Kodim 0403/Ogan Komering Ulu akan membangun infrastruktur desa seperti jembatan gantung untuk membuka daerah tersebut agar tidak terisolir lagi.

Hal ini karena jembatan gantung di desa itu cukup penting karena untuk menuju desa tersebut melalui jalan memutar sekitar 15 kilometer, ujar dia.

Dia mengatakan, masyarakat desa akan berjalan sepanjang 15 km karena jalurnya memutar sebab ada sungai Komering yang tidak bisa dilalui sehingga TMMD memprogramkan membuat jembatan gantung.

Dalam upaya melakukan kesiapan TMMD itu jajaran Kodim 0403/Ogan Komering Ulu, Sumsel melakukan persiapan supaya jembatan tersebut selesai tempat waktu.

Sementara Komandan Kodim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo mengatakan, tujuan dari kegiatan TMMD itu tidak lain memperkuat desa demi terwujudnya infrastruktur daerah yang handal berlandaskan gotong royong.

Memang, lanjut dia, sekarang ini banyak pembangunan tetapi nilai gotong royongnya berkurang sehingga perlu digairahkan lagi.

Jadi, dalam TMMD nanti pihaknya akan bergabung bersama termasuk makan dan minum karena pihaknya akan memberikan dana kepada warga untuk memasak, ujar dia.

Selain kegiatan fisik, dalam kegiatan TMMD?nanti, Kodim juga akan melaksanakan kegiatan non fisik diantaranya penyuluhan, sosialisasi dan pelayanan, ujar Dandim.

Dia mengatakan, kegiatan membangun jembatan gantung itu sesuai dengan program TMMD atau bersama rakyat, TNI akan manunggal dengan warga.

Begitu juga masalah makan dan minum juga mengikutsertakan masyarakat setempat karena pihaknya juga akan memberikan dana sekaligus makan bersama, ujar Dandim.

TMMD juga diharapkan bisa membantu kemanunggalan TNI dengan masyarakat karena melalui kegiatan tersebut pihaknya bisa membina masyarakat karena akan bergabung dan membaur dengan warga selama satu bulan.

Sementara Batiter Serka Heriyanto mengatakan, Desa Belimbing Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Induk terpilih menjadi lokasi pelaksanaan TMMD ke-102 tahun ini.

Masyarakat desa ini mayoritas berkebun dan bertani selama ini mereka kesulitan untuk menuju perkebunan dan sawah ladangnya karena mereka harus memutar 15 kilometer bila tidak menyeberang sungai Komering.

Begitu juga dalam membangun jembatan gantung itu masalah pendistribusian materiial harus menggunakan perahu, tidak bisa lewat darat, tambahnya.