Pengunjung kecewa tugu Belido tak semprotkan air

id Tugu belido,Belido,Bkb,Wisata

Pengunjung kecewa tugu Belido tak semprotkan air

Tugu Belido di Pelataran Kuto Besak Palembang, Senin (2/7/18). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sejumlah pengunjung tugu Belido yang berada di Pelataran Kuto Besak Palembang kecewa karena tugu Belido kerap tidak menyemprotkan air setiap hari.

"Kalau di poto-poto Instagram tugunya bisa menyemburkan air, tapi saya sudah dua kali kesini tidak pernah melihatnya, padahal ingin sekali lihat biar hasil poto lebih oke, ya kecewa sih tidak sesuai ekspektasi," ujar Wulan kepada Antarasumsel.com, Senin.

Menurut pengunjung asal Kota Baturaja Sumatera Selatan tersebut, tugu belido sekilas sudah mirip dengan patung singa ikon negara Singapura, hanya kurang menarik karena tidak ada atraksi air dan warnanya tidak cerah. 

Sementara menurut pedagang di sekitaran tugu Belido dengan tinggi 17 meter tersebut Rudi Hermawan, semprotan air tugu belido hanya nampak pada sabtu malam sementara siang hari jarang terlihat. 

"Kalau sedang hidup, semprotan air bisa mencapai 30 meter, tapi hanya malam minggu saja, orang-orang dari luar kota pun tidak banyak yang tahu kalau tugu ini ada atraksi semprotan air," jelas Rudi. 

Rudi menambahkan pada hari libur atau saat ada kegiatan tertentu di BKB, terkadang semprotan air tugu belido diaktifkan, namun akhir-akhir ini tak kunjung hidup akibat adanya kerusakan. 

Ditanya soal semprotan air, Kepala Perusahaan Daerah  Air Mineral (PDAM) Tirta Musi Andi Wijaya mengatakan jika Tugu Iwak Belido masih aktif menyemburkan air. 

"Tugu itu secara terus menerus menyemburkan air, sejauh ini terus menyala, hanya saja kalau memang sedang tidak aktif berarti sedang dimatikan," jelas Andi Wijaya. 

Ia mengakui sempat terjadi kerusakan pada pompa air tugu hasil bantuan CSR PT Bukit Asam tersebut, namun sudah ditangani pihaknya dan air sudah aktif disemprotkan.