Pemkot Palembang benahi sujumlah objek wisata andalan

id kampung arab,bkb,objek wisata palembang,berita sumsel,berita antara,Harobin Mastofa,Sekda Palembang

Pemkot Palembang benahi sujumlah objek wisata andalan

Pengunjung bersantai di salah satu bagian di kawasan wisata syariah tempo dulu kampung Arab Al Munawar Palembang. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, sejak dua tahun terakhir berupaya membenahi sejumlah objek wisata andalan menghadapi Asian Games 2018.

"Sebagai tuan rumah menghadapi Asian Games 18 Agustus-2 September 2018, selain melakukan penataan Kota Palembang secara umum, kami juga membenahi objek wisata andalan seperti Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, dan objek lainnya," kata Sekda Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, Bumi Sriwijaya banyak memiliki objek wisata baik wisata budaya, sejarah, maupun wisata alam.

Beberapa objek wisata andalan atau yang cukup dikenal wisatawan asing, menghadapi pesta olahraga negara-negara kawasan Asia itu secara bertahap dibenahi.

Untuk membenahi objek wisata yang ada di kota ini, karena kondisi keuangan terbatas, beberapa objek wisata andalan dibenahi melalui Dinas Pariwisata Kota Palembang serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, katanya.

Menurut dia, saat berlangsungnya Asian Games, akan banyak datang atlet dan tamu undangan ke daerah ini yang kemungkinan besar akan mengunjungi berbagai objek wisata.

Menghadapi datangan ribuan atlet dan tamu dari puluhan negara kawasan Asia pada ajang olahraga itu, perlu dilakukan persiapan dan pembenahan tempat-tempat yang biasa diminati wisatawan asing ketika berkunjung ke wilayah ini.

Pembenahan objek wisata Benteng Kuto Besak (BKB) telah dilakukan beberapa bulan lalu dengan melakukan penambahan maskot ikan belido yang merupakan jenis ikan khas Palembang yang mulai langka.

Sedangkan penataan objek wisata yang dilakukan Pemprov Sumsel seperti Bukit Siguntang pada 26 Juni 2018 selesai dilakukan dan telah diresmikan Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Bukit Siguntang merupakan titik tertinggi di Kota Pelembang dengan ketinggian sekitar 30 meter dari permukaan laut.

Selain bisa melihat suasana kota dari puncak objek wisata itu, pengunjung Bukit Siguntang bisa melihat tujuh makam yang dikaitkan dengan tokoh-tokoh raja, bangsawan dan pahlawan Melayu-Sriwijaya yakni makam Raja Sigentar Alam, Putri Kembang Dadar, Putri Rambut Selako, Pangeran Raja Batu Api, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus Karang, dan Panglima Tuan Djundjungan yang diyakini bisa menarik banyak pengunjung saat Asian Games berlangsung, ujar Harobin.