BMKG prediksi Sumsel akan tetap turun hujan

id BMKG,Musim kemarau,Musim hujan,BMKG Sumsel

BMKG prediksi Sumsel akan tetap turun hujan

BMKG (ANTARA Sumsel/BMKG)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi Sumatera Selatan masih akan turun hujan dalam dua hari kedepan lantaran adanya gangguan cuaca.

"Jika sesuai prediksi BMKG pada akhir bulan Juni 2018 ini mestinya sudah memasuki awal musim kemarau," ujar Kasi data dan informasi stasiun klimatologi BMKG Sumsel, Nandang Pangaribowo di Palembang, Sabtu.

Menurutnya, terjadi belokan masa udara dan pertemuan angin yang masih terjadi di wilayah Sumsel yang diprediksi terjadi hingga dua hari kedepan. Dampaknya, diprediksi akan terjadi cuaca berawan sampai hujan ringan disertai angin kencang dan petir dibeberapa wilayah di provinsi Sumsel.

"Hujan bisa terjadi siang hingga malam hari dibeberapa daerah lokal di Sumsel," imbuhnya.

Cuaca seperti ini, kata dia tidak hanya terjadi di Sumsel. Berdasarkan rilis yang didapatnya dari BMKG pusat, cuaca seperti ini juga terjadi di beberapa Provinsi dari Pulau Sumatera hingga ke Papua.

Dia menghimbau kepada masyarakat khususnya daerah rawan banjir dan rawan longsor diminta untuk tetap waspada dengan adanya peningkatan jumlah curah hujan yang tertinggi. "Kondisi seperti ini kemungkinan akan terjadi hingga tiga hari kedepan," jelasnya.