Makanan jamaah haji gunakan menu khas Indonesia

id makanan haji,berita sumsel,berita palembang,minuman jamaah calon haji,Saefudin Latief,bumbu masak dari indonesia,pelayanan jamaah calon haji

Makanan jamaah haji gunakan menu khas Indonesia

Menu makanan pesawat jamaah calon haji. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Makanan dan minuman jamaah calon haji di Arab Saudi akan menggunakan menu dan masakan khas Indonesia, dan bumbunya didatangkan dari Tanah Air.

Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan, Saefudin Latief di Palembang, Kamis, mengatakan bukan hanya bumbu tetapi juru masak juga orang Indonesia.

"Jadi nantinya makanan jamaah haji sesuai permintaan Kementerian Agama harus menggunakan bumbu asli Indonesia, ujar dia.

Menurut dia, makanan khas Indonesia itu selain untuk menjaga cita rasa khas kuliner Tanah Air juga untuk meningkatkan ekspor ke luar negeri.

Apalagi selama ini bumbu masak di Saudi didominasi dari negara lain, ujar dia.

Dia mengatakan, jadi bila bumbu dari Indonesia menjadi prioritas maka rempah-rempah khas banyak berada di Arab Saudi.

Namun, lanjut dia, yang lebih penting lagi jamaah calon haji Indonesia akan semakin serasi dengan masakan yang akan diberikan nanti.

Bukan saja masalah menu tetapi layanan katering bagi jamaah haji Indonesia akan ditambah yang selama ini hanya 25 kali, ditingkatkan menjadi 40 kali

Menurut dia, selain itu juga ada penambahan pemberian kelengkapan minuman dan makanan berupa teh, gula, kopi, saos dan sambel, kecap serta satu potong roti setiap jamaah.

Kesemuanya itu tidak lain sebagai bentuk pelayanan pemerintah dalam pelayanan jamaah calon haji termasuk Sumsel, tambah dia.