Kawasan penduduk pinggiran sungai di OKU dibangun jamban gratis

id jamban,wc umum,berita sumsel,berita palembang,WC secara gratis,program TNI Kodim 0403,Letkol Arm Agung Widodo,Kapten Inf Abu Bakar

Kawasan penduduk pinggiran sungai di OKU dibangun jamban gratis

Pembuatan WC. (ANTARA)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Sejumlah kawasan permukiman penduduk pinggiran sungai di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan dibangun jamban atau WC secara gratis melalui program TNI Kodim 0403 wilayah setempat.

"Kami meluncurkan program membangun jamban khususnya untuk warga di pedesaan yang bermukim di pinggir Sungai Ogan," kata Dandim 0403 Ogan Komering Ulu (OKU) Letkol Arm Agung Widodo, didampingi Danramil 403-01 Kecamatan Pengandonan, Kapten Inf Abu Bakar di Baturaja, Kamis.

Dia mengemukakan, program jambanisasi yang dilakukan pihaknya itu sudah dirasakan manfaatnya oleh warga beberapa desa di OKU khususnya yang bermukim di pinggiran sungai.

"Program ini kami luncurkan agar warga berprilaku hidup bersih dan sehat dengan membiasakan Buang Air Besar (BAB) pada tempatnya," katanya.

Dia menjelaskan, pada semester pertama tahun ini beberapa desa di OKU mendapat pembangunan WC gratis antara lain Desa Kebun Jati, Kecamatan Semidang Aji.

Dia menilai, desa yang berada di pinggiran Sungai Ogan tersebut perlu dibangun jamban umum untuk masyarakat setempat agar tidak lagi BAB di sungai.

Sebab menurut dia, sejauh ini sebagian besar rumah penduduk di desa itu belum dilengkapi WC pribadi sehingga selama ini BAB di sungai.

"Untuk itu kami membangun puluhan WC umum dibantu warga setempat agar tidak lagi membuang hajat di sungai," ungkapnya.

Dia mengatakan, pembuatan jamban umum ini sebagai upaya untuk menjaga lingkungan khususnya di aliran sungai agar warga terhindar dari berbagai macam penyakit.

"Dengan adanya WC umum ini diharapkan warga dapat termotivasi untuk hidup lebih sehat dan sekaligus menjaga kelestarian Sungai Ogan," kata dia.