Psikolog: Tokoh animasi dapat menginspirasi anak

id anak,anak-anak,berita sumsel,berita palembang,berita antara,Retno Dewanti Purba,Psikolog anak,pola hidup sehat

Psikolog: Tokoh animasi dapat menginspirasi anak

Dokumentasi- Sejumlah anak didampingi orangtuanya tengah melukis bersama Doraemon. (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin M)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Psikolog anak Retno Dewanti Purba mengatakan tokoh animasi yang inspiratif dapat dimanfaatkan untuk menanamkan nilai-nilai dan kebiasaan baik kepada anak, termasuk pola hidup sehat dan aktif.

"Kebiasaan dapat dipelajari dan dibentuk. Anak belajar dengan cara meniru, mengulangi atau mengenali pola-pola serta keteraturan dari pengalaman sehari-hari," kata Retno melalui siaran pers dari Frisian Flag Indonesia yang diterima di Jakarta, Senin.

Retno mengatakan anak memerlukan lingkungan yang stabil serta konteks yang sesuai dalam membantu proses pembentukan kebiasaan baik, yaitu berupa waktu, benda, serta perilaku pendahulu untuk memudahkan anak memahami rangkaian perilaku yang harus dilakukan.

Misalnya, saat anak belajar memiliki kebiasaan untuk minum susu, mereka memerlukan ketetapan kapan waktu terbaik untuk minum susu, bersama siapa, benda apa saja yang diperlukan, seperti gelas atau botol, tempat diperbolehkan minum susu, seperti meja makan atau tempat tidur.

Anak juga perlu dibiasakan perilaku pendukung lainnya, seperti meminum susu sampai habis dan tanpa tumpah.

"Pada tahap ini, orang tua dituntut kreatif yang sesuai dengan usia anak, misalnya dengan melakukan aktivitas menyenangkan bersama anak serta mengaitkan nilai dan kebiasaan baik yang ingin ditanamkan melalui tokoh atau karakter favorit anak," tuturnya.

Selain itu, orang tua juga harus memberi contoh penerapan nilai dan kebiasaan baik yang ingin ditanamkan pada anak secara konsisten. Kegiatan yang dilakukan bersama-sama juga dapat mempererat ikatan keluarga yang lebih kuat.

Sebagai salah satu cara kreatif untuk menanamkan kebiasaan minum susu, Frisian Flag Indonesia meluncurkan kemasan baru dengan menampilkan karakter animasi keluarga "Incredibles 2" dari Disney Pixar's.

"Itu menjadi salah satu cara kreatif dari kami untuk membantu orang tua dalam menanamkan dan menerapkan pola hidup sehat dan aktif bersama anak-anak melalui cara yang menyenangkan dan mudah diterima," kata Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia Andrew F Saputro.