Pemudik pilih balik Minggu karena diperkirakan lancar

id mudik,pulang kampung,berita sumsel,berita palembang,arus balik,balik ke kota

Pemudik pilih balik Minggu karena diperkirakan lancar

Dokumentasi- Sejumlah pemudik angkutan bus menunggu di ruang tunggu pool Bis Damri . (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Sebagian pemudik memilih kembali ke Jakarta pada Minggu karena memperkirakan arus lalu lintas lebih lancar bila dibandingkan hari-hari lainnya.

"Saya memperkirakan arus balik akan macet mulai Senin (18/6) dan Rabu (20/6) karena pegawai swasta mulai masuk kerja Selasa (19/6) dan pegawai negeri mulai masuk Kamis (21/6)," kata Abdul Hamid ditemui di salah satu tempat istirahat Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Minggu.

Hamid yang bekerja sebagai pedagang itu mengaku tidak terikat masuk kerja seperti pegawai swasta maupun pegawai negeri. Karena itu, dia memilih menghabiskan waktu lebih lama di kampung halamannya di Pekalongan.

"Beberapa kawan pedagang lain juga baru mulai membuka dagangannya Senin (25/6), meskipun ada juga yang mulai berjualan Kamis lalu," ujarnya.

Perkiraan Hamid tentang arus lalu lintas yang lancar ternyata tepat. Perjalanannya kembali ke Jakarta di jalan tol lancar sejak masuk Gerbang Tol Brebes Timur.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek relatif lancar pada Minggu yang diperkirakan merupakan hari terakhir bagi pemudik untuk kembali ke Jakarta.

Bila diperiksa melalui aplikasi navigasi Google Maps, waktu tempuh dari Gerbang Tol Cikampek menuju Cawang, Jakarta Timur yang berjarak sekitar 72 kilometer dan sebaliknya hanya berkisar satu jam lebih 10 menit tanpa ada jalur berwarna merah yang merupakan penanda kemacetan.

Apa yang disampaikan aplikasi tersebut tidak terlalu meleset karena arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari kedua arah relatif lancar.

Kalau pun arus kendaraan tersendat, disebabkan mulai memasuki proyek pembangunan Jalan Layang Tol Jakarta-Cikampek.