Mukomuko kembali uji kualitas air sungai

id air sungai,tes air,berita sumsel,berita palembang,berita antara,berita politik,kualitas air

Mukomuko kembali uji kualitas air sungai

Ilustrasi (Ist)

Mukomuko (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Lingkungan Hidup setempat tahun ini kembali melakukan uji laboratorium untuk menentukan kualitas air di enam sungai besar di daerah itu.

"Uji laboratorium terhadap sample air sungai rutin dilaksanakan setiap tahun, untuk menentukan kualitas air sungai dan status lingkungan daerah setempat," kata Kabid Penataan, Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Fernandi di Mukomuko, Minggu.

Ia menyebutkan, instansinya melakukan uji laboratorium sample air di enam sungai yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.

Sebanyak enam sungai tersebut, yakni Sungai Air Manjuto, Sungai Selagan, Sungai Penarik, Sungai Air Teramang, Sungai Bantal dan Sungai Ipuh.

Ia menyatakan, petugas instansinya berencana mengambil sample air di enam sungai besar di daerah itu pada Senin (25/6).

Kemudian sample air sungai ini dikirim ke dua laboratorium di Kota Bengkulu, yakni Laboratorium Kesehatan Daerah (Kesda) dan Laboratorium UPTD Dinas LHK Provinsi Bengkulu.

Ia menyatakan, hasil uji laboratorium sample air sungai ini akan disusun dalam sebuah buku tentang status lingkungan daerah untuk tahun 2018.

Sementara itu, ia menyatakan, berdasarkan hasil uji laboratorium sample air di enam sungai tahun 2017, kualitas air sungai besar di daerah itu masih buruk karena tercemar limbah organik, baik yang berasal dari limbah rumah tangga, industri dan kebiasaan buang air besar ke sungai.

Ia menyatakan, berdasarkan hasil uji laboratorium tersebut, kualitas air sungai didominasi oleh tingginya parameter "Chemical Oxygen Demand" (COD), " Bochemical Oxygen Demand" (BOD) dan Total Caliform.