Menhub berencana tingkatkan kapasitas mudik gratis motor

id budikarya,budi karya,berita sumsel,berita palembang,mudik gratis,mudik gratis sepeda motor

Menhub berencana tingkatkan kapasitas mudik gratis motor

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana untuk meningkatkan kapasitas mudik gratis bagi pengguna sepeda motor dengan kapal laut pada arus mudik-balik 2019.

Usai menyambut kedatangan peserta mudik gratis sepeda motor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu, Menhub menyebutkan pada tahun ini jumlah pemudik yang diangkut sebanyak 25 ribu penumpang.

Ia berharap dengan ketersediaan kapal, kapasitas dapat ditambah menjadi 50 ribu sampai 100 ribu penumpang.

"Saya upayakan tiga kali lipat, kalau bisa 100 ribu, tapi akan dilihat ketersediaan kapalnya," kata Budi Karya.

Program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut tujuan Jakarta (Pelabuhan Tanjung Priok) - Semarang (Pelabuhan Tanjung Emas), pada Lebaran 2018 memiliki kapasitas sebanyak 15.200 unit sepeda motor dan 30.400 penumpang.

Namun demikian, Budi mengakui sosialisasi mudik gratis belum sepenuhnya diketahui masyarakat sehingga realisasi pemudik terangkut belum memenuhi kapasitas yang disediakan.

Budi mengatakan okupansi kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu, ini berkisar 70-75 persen atau sekitar 600 penumpang dengan 300 unit sepeda motor.

"Sekarang kita sudah ada modal 25 ribu penumpang, itu akan lebih mudah meningkatkan menjadi 50 ribu atau 100 ribu karena 'database'-nya kami ada semuanya. Kami bisa sampaikan kepada mereka," kata Budi.

Ia menambahkan pelayanan di kapal laut untuk peserta mudik gratis juga akan ditingkatkan, baik dari segi hiburan, jam operasional kafe yang ditambah dan sosialisasi yang lebih luas.

"Ada catatan dari teman-teman, kafenya tidak buka 24 jam, tidak ada hiburan, mereka kan butuh hiburan. Ini akan kami akomodasi masukan dari mereka," kata Budi.

Kementerian Perhubungan mencatat sejak Senin (18/6) sampai Rabu (20/6), total motor dan penumpang yang terangkut pada arus balik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ke Pelabuhan Tanjung Priok adalah sebanyak 699 motor dan 1.650 penumpang.