WNI manfaatkan Lebaran obati kerinduan tanah air

id lebaran,halal bihala,berita sumsel,berita palembang,lebaran di indonesia

WNI manfaatkan Lebaran obati kerinduan tanah air

dokumentasi- Sejumlah warga duduk sembari menikmati pemandangan. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/Ang/18)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Warga Negara Indonesia di luar negeri memanfaatkan peringatan Idul Fitri untuk mengobati kerinduan terhadap suasana Lebaran di Tanah Air.

Hal itu, terjadi dalam peringatan Idul Fitri mereka di Konsul Jenderal RI di Perth, Australia, sebagaimana keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Acara halalbihalal mereka untuk merayakan Lebaran berlangsung pada 16 Juni dihadiri 1.500 warga Indonesia yang tinggal di Perth dan sekitarnya.

Acara yang berlangsung mulai pukul 12.30 waktu setempat itu, menjadi sarana silaturahim dan mengobati kerinduan WNI terhadap suasana Lebaran di Indonesia, seperti adanya masakan dan kedekatan kekeluargaan yang terjalin.

"Saya dan keluarga baru pertama kalinya ke sini, ini pun karena menerima 'flyer' yang diedarkan oleh KJRI, saya dan keluarga sangat senang bisa datang dan bertemu teman-teman," kata Doyo, salah seorang WNI yang hadir dalam acara tersebut.

Acara yang berlangsung di Wisma Indonesia dilengkapi dengan menu khas Lebaran, seperti lontong sayur, opor ayam, sambal goreng, dan juga bakso yang dibuat oleh diaspora Indonesia di Australia Barat, serta kambing guling sumbangan dari WNI di Perth.

Tak hanya mengajak warga Indonesia mengobati kerinduan suasana Lebaran, pada 15 Juni juga diselenggarakan Shalat Id yang dihadiri 800 masyarakat Indonesia dan berlangsung di Mills Park Centre.

Dalam kesempatan itu, Konjen RI untuk Perth Dewi Tobing menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri.

Dewi menyampaikan apresiasi atas antusiasme warga Indonesia dan mendorong persatuan dan persaudaraan WNI di perantauan.

KJRI juga melangsungkan halalbihalal dengan komunitas diplomatik di Perth, lembaga swadaya masyarakat, kepolisian Australia, dan pemerintah setempat.