Survei Indomatrik klaim Dodi-Giri menangi Pilgub Sumsel

id Indomatrik,Survei,Paslon,Cagub sumsel

Survei Indomatrik klaim Dodi-Giri menangi Pilgub Sumsel

Lembaga Survei Indomatrik memaparkan survei persepsi dan perilaku publik terhadap pelaksanaan Pilgub Sumsel 2018 di Palembang, Selasa (29/6/18) (ANTARA News Sumsel/Deny Wahyudi/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Lembaga Survei Indomatrik mengeluarkan survei persepsi dan perilaku publik terhadap pelaksanaan Pilgub Sumsel 2018. 

Hasil survei mengklaim Dodi Reza dan Giri Ramanda, memiliki elektabilitas unggul diatas paslon  Herman Deru dan Mawardi Yahya.

"Kami melaksanakan survei 29 Mei-3 Juni 2018 dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif melalui 17 data Kabupaten dan Kota," kata Direktur Analisis Indomatrik Deny Yusuf di Palembang, Selasa.

Dia mengatakan survei dilakukan secara profesional dengan 880 responden dan sampling error +-3,5 persen.

"Untuk tingkat pengetahuan publik terhadap pilkada 27 Juni hampir 98,75 persen.  Ini menunjukkan sosialisasi penyelenggara KPU sudah gencar dan tingkat partisipasi pemilih diperkirakan mencapai 73,55 persen," jelasnya.

Untuk tingkat kesukaan publik terhadap paslon menuurt Deny masih unggul paslon Dodi-Giri dengan 66,45 persen,  Herman Deru-Mawardi 61,56 persen, Ishak Mekki-Yudha Pratomo 32,17 persen dan Saifudin-Irwansyah 14,87 persen. 

"Dodi dan Herman Deru berpeluang besar menang di pilgub, dua paslon inilah yang bersaing ketat di pilgub sumsel,"

Deny menambahkan,  elektabilitas paslon seandainya pilgub dilaksanakan hari ini paslon Dodi-Giri menang 32,02 persen.  Herman Deru-Mawardi 27,37 persen.  Ishak Mekki-Yudha 14,75 persen dan Saifudin-Irwansyah 3,12 persen.

Pasangan yang menonjol di pilgub ini menurut hasil survei Dodi-Giri unggul karena memiliki visi misi dan program kerja yang bagus, berpengalaman,  cerdas dan tegas. 

Dalam survei juga diklaim Dodi-Giri memiliki elektabilitas tinggi di 9 wilayah yakni Mura, Muba, Banyuasin, Palembang, Empat Lawang, Pagar alam, Pali, Muratara dan Lubuklinggau.

Sementara Herman Deru-Marwardi memiliki elektabilitas tinggi di 7 wilayah yakni OKU,  Muara Enim,  OKUT,  OKUS,  Ogan Ilir,  Pagaralam dan Prabumulih.

Saifudin memiliki elektabilitas tinggi hanya di Lahat. Dan Ishak Mekki memliliki elektabilitas tinggi di OKI.