14 kereta tambahan masih angkut arus balik lebaran

id Kereta api, tambahan, arus balik gambir, sumsel

14 kereta tambahan masih angkut arus balik lebaran

Dok. (Ist) (Ist/)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Meski telah memasuki masa arus balik, PT Kereta Api Indonesia (Persero) masih memberangkatkan 14 kereta tambahan ke berbagai kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur dari Stasiun Gambir pada H+3 Lebaran 2018.

Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops I Jakarta Donda yang ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa, mengatakan jumlah pemudik memang masih cukup banyak, kemungkinan karena libur Lebaran kali ini cukup panjang.

Hingga pukul 12.40 WIB, Donda mengatakan dari 15 kereta tambahan lebaran yang dijadwalkan berangkat dari Stasiun Gambir hanya kereta Argo Parahyangan Tambahan relasi Gambir-Bandung yang waktu  keberangkatannya pukul 07.15 WIB yang tidak jadi berangkat karena kereta reguler masih bisa menampung pemudik.

Fatahudin (45), pemudik asal Tegal yang sedang menunggu keberangkatan kereta (tambahan) Argo Muria Lebaran relasi Gambir-Semarang Tawang pukul 13.45 WIB, mengatakan baru bisa mudik karena baru mendapat libur di H+3 Lebaran 2018.

Fatahudin yang merupakan anak buah kapal (ABK) penangkap tuna yang biasa bersandar di Muara Baru ini baru membeli tiket kereta tepat di hari H keberangkatan langsung di Stasiun Gambir.

"Saya nanti berhenti di Tegal. Untung masih dapat tiket, ini tiket terakhir tadi tinggal satu, beli Rp380.000 tadi," katanya.

Fatahudin mengaku selalu mudik dengan menggunakan jasa transportasi darat kereta api. Dirinya merasa lebih nyaman karena waktu keberangkatan dan kedatangan tidak pernah meleset mengingat tidak akan terkena macet.

Berdasarkan data H+3 PT KAI (Persero) hingga pukul 12.40 WIB, sebanyak 32 kereta reguler dan 14 kereta tambahan lebaran diberangkatkan dari Stasiun Gambir, dengan total estimasi penumpang mencapai 15.425 orang. Jika ditambah dengan penumpang kelas prioritas maka total penumpang akan mencapai 15.715 orang.

Sedangkan data kedatangan penumpang hingga pukul 12.00 WIB, perkiraan PT KAI (Persero), total akan ada 18.415 penumpang arus balik dari berbagai kota di Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah tiba di Stasiun Gambir. Ada 30 kereta reguler dan 16 kereta tambahan lebaran yang melayani penumpang arus balik menuju Jakarta di H+3 Lebaran 2018.

Hingga Selasa pukul 12.00 WIB jumlah penumpang arus balik yang tiba di Stasiun Gambir mencapai 8.229 orang.