Pemecahan rekor MURI dunia Pempek Lenggang terbesar

id Pempek,Pempek lenggang,Kuliner

Pemecahan rekor MURI dunia Pempek Lenggang terbesar

Alumni SMP Negeri 15 Palembang berhasil memecahkan rekor MURI dunia membuat pempek lenggang terbesar di Palembang, Senin (18/6/18) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

Palembang ( ANTARA News Sumsel) - Alumni SMP Negeri 15 Palembang berhasil memecahkan rekor MURI dunia dengan membuat pempek lenggang terbesar dengan menggunakan 1,7 ton telur. 

"Kami membuat pempek lenggang terbesar ini sebagai promosi kuliner mengenalkan lenggang ke seluruh dunia," ujar Ketua Alumni SMPN 15, Muhammad Hartawan di Palembang, Senin.

Lenggang dengan ketebalan 15,5 cm ini menggunakan bahan lainnya seperti 170 Kg ikan gabus, 170 Kg tepung kanji, garam bungkus, gula 14 Kg dan 150 karung arang dan daun pisang kepok.

Proses pemanggangan memakan waktu sekitar 5 jam dengan mengganti arang pada bagian bawah secara berkala. Apalagi setiap menit ketebalan lenggang terus diukur agar matang secara merata.

"Kami pilih pempek lenggang karena bau khas telur yang unik. Selama ini orang hanya mengenal pempek lenjer dan pempek kapal selam," imbuhnya. 

Manager MURI, Andre Purwandono mengatakan pihaknya sudah memutuskan pemecahan rekor ini berhasil bahkan dikategorikan tingkat dunia.

"Kami sebagai MURI akan memperkenalkan lenggang ini ke seluruh dunia, maka itulah akan memberikan rekor dunia juga," ujarnya.

Rekor ini termasuk kategori Superlatif, yang mana rekor dipecahkan melalui ukuran.

Menurutnya ini masuk rekor dunia karena ini kebudayaan asli agar tidak dicuri atau diakui oleh bangsa asing. 

"Palembang dan Sumsel sudah banyak memecahkan rekor kuliner. Artinya ini menunjukkan bahwa kuliner memang layak menjadi aset tak ternilai oleh suatu daerah," tukasnya.