Jalur Siantar-Medan alami antrean panjang

id Jalur Siantar-Medan,jalur mudik,lintas sumatera,berita sumsel,berita palembang

Jalur Siantar-Medan alami antrean panjang

Arsip: antrian panjang mobil. (ANTARA/Yulius Satria Wijaya)

Pematangsiantar, Sumut (ANTARA News Sumsel) - Arus balikali di jalur Kota Pematangsiantar menuju Medan, Sumatera Utara, terjadi kemacetan sedikitnya mencapai tujuh kilometer pada H+3 Idul Fitri 1439 Hijriyah/tahun 2018, Minggu.

Kendaraan roda empat ke atas berbaris panjang (antre) mulai dari Jalan Ahmad Yani sampai pada perbatasan daerah, dan berlanjut di Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun.

Tidak tertibnya sejumlah kendaraan, terutama sepeda motor yang berupaya menerobos jalur kendaraan dari arah berlawanan, Medan-Pematangsiantar, semakin menimbulkan kemacetan.

Seorang warga Kelurahan Sinaksak Winar (52), yang rumahnya di sisi jalan lintas Sumatera itu mengatakan, kemacetan mulai terjadi kira-kira pukul 15.00 WIB.

Pihak kepolisian memasang separator (pembatas jalan) dan mengatur arus lalu lintas guna kelancaran kendaraan, tetapi kewalahan dengan arus kendaraan yang menuju Kota Medan.

Personel kepolisian juga siaga di persimpangan Rambung Merah, Simpang Kerang, Simpang Rami dan Tanjung Pinggir yang juga dipadati dengan kendaraan.

Upaya itu mampu meredam kemacetan total, dan menjelang malam mulai menampakkan hasil dengan bergeraknya kendaraan secara bersamaan perlahan-lahan.

Lukman Harahap (43), warga Medan, tidak bisa menunda keberangkatan untuk kembali pulang setelah merayakan Lebaran bersama keluarga di Kota Pematangsiantar, karena telah masuk kerja pada 18 Juni 2018.

"Awalnya hendak bergerak pada tengah malam supaya lancar, tetapi pertimbangan untuk istirahat, jadinya dipercepat sore," katanya.