Makan tak diatur penyakit maag dan diare mengintai

id Pola makan,Makanan lebaran,Makanan,Dinas kesehatan

Makan tak diatur penyakit maag dan diare mengintai

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Di hari raya idul fitri berbagai macam makanan disajikan seperti makanan mengandung santan, pedas dan minuman bersoda, jika tak diatur pola makan masyarakat bisa mengalami penyakit maag dan diare.

"Biasanya pasca lebaran pasien yang berobat ke puskesmas meningkat dengan keluhan yang paling banyak diare dan maag," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Letizia MKes, Selasa. 

Menurut dia, penyebab penyakit ini lantaran pola makan masyarakat tidak teratur. Apalagi makanan yang disajikan beragam seperti ketupat dengan kuah yang mengandung santan, begitupun opor ayam. Kue yang terlalu manis dan minuman yang mengandung soda. 

Selain faktor makanan, pemicu jumlah pasien meningkat pasca lebaran lantaran masyarakat yang mengalami keluhan memilih untuk berobat pasca lebaran. 

"Mereka lebih baik menahan sakit dirumah untuk merayakan lebaran dibandingkan untuk berobat dulu," cetusnya. Karena itu pasien akan meningkat 10-15 persen dari jumlah normal. 

Agar tetap sehat paska lebaran letizia memberikan tips agar mengkonsumsi makanan santan, pedas termasuk minuman bersoda tidak berlebihan. 

"Boleh dikonsumsi, namun sewajarnya saja. Jika berlebihan berpengaruh pada lambung dan pencernaan," katanya.