Penjualan tanaman hias di Palembang meningkat

id tanaman hias,penjualan tanaman hias,berita sumsle,berita palembang,umkm

Pedagang tanaman hias (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pedagang tanaman hias, sekaligus pengerajin pot di Kota Palembang, Sumatera Selatan mengungkapkan permintaan aneka jenis tanaman hias dan pot bunga mengalami peningkatan.

Seperti biasanya menjelang Lebaran Idul Fitri permintaan pot bunga dan sejumlah tanaman hias mengalami peningkatan yang cukup tinggi, kata salah seorang pedagang tanaman hias di kawasan Bukit Besar Palembang, Rusmin di Palembang, Senin.

Menurut dia, menjelang hari besar keagamaan umat muslim itu, seperti tahun-tahun sebelumnya warga kota ini berupaya mempercantik halaman rumahnya dengan menata bunga dan tanaman hias.

Selain itu warga kota ini juga berupaya mengganti pot tanaman hiasnya yang sudah rusak atau kusam dan mengganti bentuk baru untuk merubah suasa, katanya.

Menghadapi peningkatan permintaan tersebut, sejak beberapa bulan takhir dilakukan penambahan stok dan koleksi aneka jenis tanaman hias.

Kemudian, memasuki musim kemarau Juni ini berupaya meningkatkan produksi pot bunga karena kondisi cuaca sangat mendukung.

"Selain kondisi cuaca sangat mendukung, peningkatan produksi pot bunga dilakukan untuk menyiapkan stok menghadapi peningkatan permintaan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah pada pertengahan Juni 2018," ujarnya.

Sementara pedagang tanaman hias lainnya yang memiliki kios di kawasan Demang Lebar Daun, Hamdani mengatakan, seperti biasanya menjelang Lebaran Idul Fitri permintaan pot bunga dan sejumlah tanaman hias di kiosnya mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

"Permintaan pot, serta aneka jenis bunga dan tanaman hias lainnya, mulai terjadi peningkatan sejak awal Bulan Suci Ramadhan," ujarnya.

Beberapa jenis tanaman hias yang diminati warga kota ini seperti palem, sikas, anggrek, dan cemara, sedangkan pot bunga yang paling banyak dibeli seperti berbentuk ditempel di dinding, bulat dan berbentuk persegi empat dengan ukuran sedang dan besar.

Pot bunga dan tanaman hias tersebut dijual dengan harga bervariasi mulai Rp20.000 hingga Rp250.000 per buah, tergantung bentuk dan ukurannya, ujar pedagang itu pula. Budi Suyanto
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar