Gubernur minta pengendara waspada daerah rawan bencana

id longsor,rawan bencana,arus mudik lebaran,jalur mudik,berita sumsel,berita palembang,alex noerdin,lintas sumatera

Gubernur minta pengendara waspada  daerah rawan bencana

Arsip- Jalan nyaris putus akibat tanah longsor (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin minta agar para pengendara selalu waspada akan daerah rawan bencana dalam perjalan arus mudik dan balik lebaran 2018.

"Sumsel banyak titik rawan longsor dan banjir dan itu harus diwaspadai," kata Alex di Palembang, Jumat.

Dia mengatakan Sumsel terdiri dari daerah perbukitan dan dataran rendah dan bila musim penghujan maka rawan akan bencana longsor dan banjir.

Gubernur juga minta agar instansi terkait untuk selalu berkoordinasi dengan pihak Basarnas, BMKG dan pihak lainnya dalam upaya mengantisipasi terjadinya bencana.

Gubernur Alex menambahkan dalam mengantisipasi kesemuanya itu pihaknya telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana seperti alat berat dan mobil derek.

Alat berat dan mobil derek tersebut ditempatkan di daerah rawan bencana dan kecelakaan sehingga diharapkan nantinya berjalan lancar, kata gubernur.

Dia meminta Dinas Perhubungan untuk memperhatikan kelaikan jalan dan moda transportasi terutama lampu dan rambu lalu lintas lainnya.

Apalagi saat mudik dan balik lebaran ini arus lalu lintas akan bertambah sehingga keselamatan harus lebih diutamakan, ujar gubernur.

"Arus mudik dan balik harus lancar sehingga pengendara dan masyarakat sampai ketempat tujuan dengan selamat," kata dia.

Berdasarkan data daerah rawan longsor antara lain Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Pagaralam, Lintang Empat Lawang dan Muaraenim.

Sementara daerah rawan banjir antara lain Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Musi Banyuasin, Banyuasin atau daerah yang dialiri sungai.Budi Suyanto