Inasgoc: Tidak ada pembatasan panitia cabang Asian Games

id Harry Warganegara,Panitia Penyelenggara Asian Games 2018,INASGOC,berita sumsel,berita palembang,Achmad Budiharto,PBSI

Inasgoc: Tidak ada pembatasan panitia cabang Asian Games

Venue Bowling Center di arena Bowling Center Jakabaring Sport City (JSC) Palembang,. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menyebutkan jumlah panitia cabang olahraga dalam setiap pertandingan Asian Games sebanyak 63 orang bukan batasan melainkan parameter.

"Jumlah 63 orang itu bukan pembatasan. Kami melihat struktur kepanitian setiap cabang olahraga apakah sudah sesuai dengan aturan standar biaya masukan lainnya (SBML) yang ditetapkan Kementerian Keuangan," kata Deputi I Bidang Olahraga INASGOC Harry Warganegara ketika dihubungi Antara di Jakarta, Kamis.

INASGOC, lanjut Harry, akan menyesuaikan struktur kepanitian masing-masing cabang olahraga dengan kebutuhan jumlah panitia merujuk contoh struktur kepanitian dalam aturan standar biaya masukan lainnya.

"Dalam aturan SBML itu tidak ada posisi manajer atau wakil ketua bidang. Maka, kami perlu membahas bersama setiap cabang olahraga terkait struktur kepanitian itu," katanya.

Harry mengatakan panitia cabang olahraga tidak perlu menambah struktur atau bidang yang sudah ditangani INASGOC seperti bidang sukarelawan, keamanan, transportasi, liaison officer, katering, hingga doping.

"Kami terus berdiskusi dengan semua cabang olahraga setiap hari sehingga pada awal Juli 2018 semua struktur kepanitia sudah final dan tinggal mendapatkan penetapan surat keputusan panitia," kata Harry.

Harry menyontohkan pengurus cabang olahraga tinju tidak membutuhkan panitia hingga 63 orang. "Mereka hanya butuh sekitar 40 orang. Tapi, ada juga cabang olahraga lain yang merencanakan panitia hingga 120 orang," katanya.

Sebelumnya, Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) akan menegosiasikan jumlah panitia cabang olahraga yang akan terlibat dalam pertandingan bulu tangkis Asian Games 2018.

"Kami diminta Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) untuk membatasi jumlah panitia pertandingan sebanyak 63 orang selain ofisial teknis internasional dan lokal 77 orang," kata Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto PBSI, menurut Budiharto, semula mengajukan jumlah panitia pertandingan cabang bulu tangkis sebanyak 114 orang selain ofisial teknis internasional dan lokal 77 orang.