IPC berangkatkan ribuan pemudik ke Jawa-Sumatera

id pelabuhan,arus mudik,transportasi laut,berita antara,berita sumsel,berita palembang,PT Pelabuhan Indonesia II

IPC berangkatkan ribuan pemudik ke Jawa-Sumatera

Arsip- Pemudik baru tiba di pelabuhan . (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC memberangkatkan ribuan pemudik asal Jabotabek ke 17 kota tujuan di Jawa dan Sumatera menggunakan 418 bus berstandar pariwisata.

Direktur Utama IPC Elvyn G. Masassya melepas pemudik yang bertolak dari Terminal JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis.

"Selamat jalan Bapak/Ibu sekalian. Semoga semua selamat sampai tujuan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga," kata Elvyn dalam siaran pers di Jakarta, Kamis.

Turut hadir dalam acara pelepasan mudik Walikota Jakarta Utara Husein Murad, Deputi Bidang Usaha Konstruksi Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN Ahmad Bambang, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Loilan, Kepala Syahbandar Utama Pelabuhan Tanjung Priok Capt Sudiono dan Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksma TNI Achmad Rivai.

Elvyn menjelaskan program Mudik Bersama IPC Group merupakan program rutin yang digelar dengan kerja sama sejumlah anak perusahaan setiap tahunnya.

Hal itu dilakukan untuk mendukung program pemerintah yang ingin menyediakan sarana transportasi mudik yang aman untuk sebagian warga Jakarta yang benar-benar membutuhkan.

Program mudik gratis bersama IPC tidak hanya memfasilitasi para pemudik untuk pulang kampung tetapi juga menyediakan fasilitas kembali ke Jakarta.

"Para pemudik itu akan kembali ke Jakarta dari daerah asalnya masing-masing dengan bus yang sama yang kami sediakan," katanya.

Untuk menjamin keselamatan selama di perjalanan, perseroan menerapkan standar lulus uji kesehatan bagi oara supir bus.

Ratusan supir bus telah mengikuti uji tes kesehatan termasuk tes urine di klinik kesehatan yang ada di Pelabuhan Tanjung Priok.

Selain itu, perseroam juga menyediakan asuransi keselamatan dan kecelakaan serta obat-obatan bagi setiap penumpang. Pemudik juga mendapatkan paket menu sahur dan berbuka puasa bagi yang berpuasa.