Pasar Cinde akan menjadi tempat wisata masyarakat

id pasar cinde,pasar cinde tempat wisata,gubernur sumsel,pedagang cinde,bangunan bersejarah cinde,pasar cinde palembang

Pasar Cinde akan menjadi tempat wisata masyarakat

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menandai dimulainya pembangunan Pasar Cinde Plaza Palembang pada acara seremoni pemancangan tiang konstruksi. (ANTARA News Sumsel/Ujang/Ang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pasar Cinde Plaza Palembang akan menjadi tempat wisata bagi masyarakat karena bangunan bersejarah tersebut akan direnovasi dan ditata supaya semakin rapi.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Rabu mengatakan, pasar tersebut punya kenangan tersendiri dan akan ditata sedemikian rupa tanpa menginggalkan keasriannya.

Memang, lanjut gubernur, pasar yang dibangun Aldiron Plaza itu memiliki ciri khas tersendiri yakni tiang cendawan, namun keberadaanya sudah tidak layak lagi.

Tiang khas itu tetap dipertahankan dan akan diperkuat lagi supaya dapat bertahan lama, kata gubernur.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu pasar yang terdiri atas 14 lantai itu terintegrasi dengan stasiun kereta api ringan sehingga semakin mudah untuk dikunjungi masyarakat.

Bahkan, di sekitar pasar tersebut terdapat makam Raja Palembang dan itu akan ditata pihak Aldiron Plaza.

Jadi pasar modern yang yang memiliki sejarah tersebut akan menjadi tempat wisata sejarah dan riligi, ujar gubernur.

Sementara pemilik Aldiron Plaza, Aldrin mengatakan, pihaknya akan menata makam yang tedapat di belakang pasar Cinde Plaza tersebut agar semakin rapi.

Hal ini karena makam tersebut penuh sejarah sehingga masyarakat semakin nyaman saat bersiarah ke-makam tersebut, ujar dia.

Dia mengatakan, khusus mengenai pasar Cinde Plaza sendiri mengenai tiang cendawan akan dipertahankan sehingga masyarakat dapat mengenang pasar tradisional tersebut.

Begitu juga bangunan lama, ada yang dipertahankan dan hanya direnovasi supaya dapat bertahan lama, kata dia.

Oleh karena itu pasar tersebut akan menjadi tempat wisata sejarah dan religi bagi masyarakat, tambah dia.