jalur lintas tengah OKU rawan kecelakaan

id lintas tengah oku,jalur mudik,rawan kecelakaan,jalur lalulintas,lakalantas,kasatlantas oku

jalur lintas tengah OKU rawan kecelakaan

Dokumen - Jalan provinsi lintas Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menuju OKU Selatan mengalami kerusakan (ANTARA News Sumsel/17/Edo Purmana/I016)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Jalur lintas tengah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, seperti di Kecamatan Semidang Aji rawan terjadi kecelakaan kendaraan di jalan raya sehingga pemudik lebaran harus waspada saat melewati perlintasan tersebut.

"Bagi para pengendara, khususnya pemudik Lebaran kami imbau untuk hati-hati saat melintasi jalur yang dinilai rawan terjadi kecelakaan," kata Kasat Lantas Polres Ogan Komering Ulu (OKU) AKP Candra Kirana di Baturaja, Rabu.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan pihaknya terdapat beberapa titik jalur lintas tengah di Kabupaten OKU rawan terjadi kecelakaan lalu lintas, misalnya dari Semidang Aji sampai Kecamatan Pengandonan.

Setelah melakukan survei jalan tersebut, kata dia, pihaknya langsung menyurati pihak balai besar pelaksanaan jalan nasional untuk memperbaiki jalur yang berpotensi menimbulkan kecelakaan itu.

"Sudah kami layangkan surat ke pihak terkait untuk segera dilakukan perbaikan agar pemudik lebih aman saat melintasi jalur itu," kata dia.

Sedangkan untuk jalur mudik di OKU yang rawan terjadi kemacetan kendaraan, lanjut dia, hanya berpotensi terjadi di jalan cor beton, Kecamatan Baturaja Barat.

"Untuk jalan cor beton apabila terjadi trouble spot atau macet mobil besar, kapasitas 10 ton ke atas tidak di perkenankan masuk. Harus lewat jalur Muaraenim apabila tujuan ke Palembang," jelasnya.

Sementara Kasi Pencegahan dan Kesiap Siagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) OKU, Mailan Purnama secara terpisah mengatakan bahwa jalur mudik di lima kecamatan di wilayah itu diketahui rawan terjadi longsor atau jalan amblas.

"Misalnya jalur lintas di Kecamatan Ulu Ogan, Muarajaya dan Kecamatan Lengkiti. Jalan lintas wilayah Lengkiti ini merupakan salah satu akses kendaraan menuju Kabupaten OKU Selatan hingga ke Provinsi Lampung," jelasnya.

Selain itu kata dia, di Kecamatan Baturaja Barat yang merupakan salah satu akses perlintasan kendaraan dari Baturaja menuju Kabupaten OKU Selatan dan Muaraenim ini juga rawan longsor atau jalan ambalas sehingga pemudik diimbau waspada saat melintasi jalur tersebut.

"Satu lagi akses jalan di Kecamatan Baturaja Timur yang harus diwaspadai karena sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan daerah rawan longsor dapat disebabkan oleh abrasi sungai," jelasnya.