Gubernur Sumsel minta tiang cendawan Pasar Cinde direnovasi

id Alderon,Alderon plaza cinde,Cendawan,Cendawan pasar cinde

Gubernur Sumsel minta tiang cendawan Pasar Cinde direnovasi

Arsip- Revitalisasi Pasar Cinde Palembang Aktivitas perdagangan di Pasar cinde Palembang,Sumsel, Kamis (20/10). Pasar dengan ciri khas arsitektur bergaya hindia belanda dan sempat dijadikan cagar budaya ini tengah dalam tahap perencanaan untuk direvitalisasi menjadi pasar modern.(ANTARA FOTO/Feny Selly/16/Indra)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pasca pemancangan tiang pembangunan Alderon Plaza Cinde Palembang, Gubernur Sumsel Alex Noerdin meminta beberapa tiang cendawan bekas Pasar Cinde lama agar direnovasi sehingga pondasi tetap kokoh dan kuat. 

"Tiang-tiang cendawan ini sudah keropos. Untuk melakukan perbaikan, alat berat tidak bisa masuk.  Dengan hasil rundingan kami sepakati harus direnovasi," Kata Alex Noerdin saat memimpin pemancangan tiang perdana pembangunan Alderon Plaza Cinde di Palembang, Rabu.

Menurut dia, sesuai Undang-undang bahwa cagar budaya diatas 50 tahun tidak boleh dibongkar.

Tapi ada beberapa pengecualian yang memungkinkan, antara lain tidak menghilangkan cagar budaya itu sendiri, lalu tergantung kebutuhan dan situasi serta yang terpenting tidak membahayakan keselamatan jiwa masyarakat.

"Jika tiang cendawan ini tidak direnovasi, apakah orang yang melakukan perdebatan mau bertanggung jawab, ketika terjadi gempa sedikit saja, tiang ini bisa roboh," tegas Alex.
Gubernur Sumel Alex Noerdin saat menekan tombol tanda dimulainya pemancangan tiang pembangunan Alderon Plaza Cinde di Palembang, Rabu (6/6/18) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)
Dia mengaku, mestinya pembangunan ini sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. Tapi sayang adanya perdebatan mengenai cagar budaya membuat pembangunan terhambat.

"Seharusnya hari ini bukan pemancangan tiang tapi sudah bisa grand opening. Saya sebenarnya sedih campur senang, didepan sudah ada skybridge dan LRT  sebagai pendukung, namun Aldiron Plaza Cinde baru akan dibangun," ungkap Alex.

Baca juga: Tiang cendawan pasar cinde tetap dipertahankan
Baca juga: 35 persen lapak dan kios Aldiron Plaza terjual