FFI: Kejuaraan klub Asia terkendala kursi arena

id futsal,GOR Amongrogo,Federasi Futsal Indonesia,Kejuaraan Klub Futsal Asia AFC,berita sumsel,berita palembang

FFI: Kejuaraan klub Asia terkendala kursi arena

AFC. (the-afc.com)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Federasi Futsal Indonesia (FFI) menyatakan, Kejuaraan Klub Futsal Asia AFC 2018 yang digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta masih terkendala jumlah kursi arena.

Sekretaris Jenderal FFI Edy Prasetyo menyebut, hal itu disebabkan persyaratan pihak Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang mewajibkan arena futsal memiliki kursi tunggal (single seat).

"Single seat ini menjadi kendala terbesar. GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki setidak-tidaknya 1.350 'single seat' dari total sekitar 5.000 penonton, tetapi arena kedua yakni GOR Amongrogo hanya mempunyai 150 single seat," ujar Edy ketika berbincang di Jakarta, Selasa (5/6) malam.

Dia melanjutkan, masalah utama ada di GOR Amongrogo karena AFC tidak mempermasalahkan arena yang memiliki paling sedikit 1.000 kursi tunggal.

Namun, melakukan renovasi untuk menambah jumlah kursi tunggal bukan perkara mudah. Pasalnya, arena tersebut bukan milik FFI dan oleh karena itu membutuhkan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah setempat.

Khusus untuk GOR Amongrogo, tambah Edy, status renovasi kursi masih "mengambang" karena pihak pemerintah daerah DI Yogyakarta berencana melakukan perbaikan.

"Jadi sampai saat ini masih 'tarik-tarikan'. Kalau, misalnya, tidak bisa direnovasi, keputusan akan dikembalikan ke AFC," kata dia.

Menurut Edy, persoalan arena ini cukup berat mengingat Indonesia tidak banyak memiliki lapangan futsal berstandar AFC. Padahal, arena adalah bagian terpenting dari pelaksanaan sebuah kompetisi.

"AFC memang mengatakan kepada kami untuk tetap lanjut. Akan tetapi, untuk urusan futsal, jika diibaratkan 1-20, nomor satunya adalah urusan arena dan 2-20 baru futsalnya," tutur Edy.

Tidak cukupnya jumlah kursi tunggal ini kemudian berimbas pada penjualan tiket. Pihak FFI memastikan tidak akan ada penjualan tiket untuk kejuaraan Klub Futsal Asia AFC 2018. Seluruh penonton yang hadir nantinya merupakan undangan.

"Ini berdasarkan kesepakatan sementara dengan AFC. Kami akan mengikuti kalau ada perubahan. Penonton akan kami sediakan layar lebar di luar arena," ujar Edy.

Sebagai informasi, Kejuaraan Klub Futsal Asia AFC 2018 akan berlangsung di Daerah Istimewa Yogyakarta pada 1-12 Agustus 2018.

Kejuaraan AFC ini diikuti 12 tim futsal terbaik Asia terbaik yang dibagi empat grup. Pertandingan akan digelar di dua arena di DI Yogyakarta yakni di GOR Universitas Negeri Yogyakarta dan GOR Amongrogo.

Di turnamen tersebut, Indonesia diwakili juara Liga Futsal Profesional Indonesia 2018, Vamos Mataram yang akan bersaing dengan Dalian Yuan Dinasti dari Cina, Nagoya Oceans dari Jepang dan Victoria University College dari Myanmar di Grup A.