Ratusan ribu surat suara Pilkada Palembang sudah dicetak

id pilkada palembang,pilkada,pilkada sumsel,surat suara,logistik pilkada

Ratusan ribu surat suara Pilkada Palembang sudah dicetak

Warga mulai melipat surat suara Pilkada Sumsel. (ANTARA News Sumsel/Susilawati/Ang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sekitar 300 ribuan kertas surat suara pilkada sudah dicetak dan diprakirakan pada 9 Juni 2018 mendatang sudah dikirim ke Palembang.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang Rudi Pangaribuan di Palembang, Selasa mengatakan, berdasarkan informasi dari pihak percetakan hingga hari ini untuk kertas surat suara pemilihan wali kota Palembang sudah tercetak 300 ribuan lembar.

Menurut dia, kertas surat suara pilkada Palembang itu diperkirakan sudah dikirim pada 9 Juni 2018 sehingga pada 10 Juni nanti sudah tiba di Palembang.

Kalau surat suara tersebut sudah sampai di Palembang maka akan segera dilakukan pelipatan, katanya.

Ia menyatakan, surat suara yang rusak baik itu untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumsel maupun pemilihan wali kota dan wakil wali kota Palembang akan diganti oleh pihak percetakan yang disertakan dengan bukti fisik.

Misalnya secara total surat suara yang rusak itu sebanyak 250 lembar maka bukti fisik dibawa sebanyak 250 lembar ke pihak pencetakan. Nanti, pihak percetakan akan mencetak ulang sejumlah surat suara yang rusak tersebut, ujarnya.

Ia menyampaikan, surat suara yang sudah dilipat akan disimpan di gudang atas KPU Palembang dan setiap hari akan dikunci, digembok dan dirantai oleh Panwaslu, KPU dan pihak kepolisian masing-masing punya gembok sendiri.

Sebagaimana diketahui ada empat kandidat yang bertarung pada Pilkada Kota Palembang 2018, yaitu Harnojoyo-Fitrianti Agustinda mendapat nomor urut satu, kemudian Sarimuda-Abdul Rozak mendapat nomor urut dua.

Selanjutnya, pasangan calon Akbar Alfaro-Hernoe Roesprijadji mendapat nomor urut tiga dan Mularis Djahri-Syaidina Ali mendapat nomor urut empat.

Pilkada serentak 2018 diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumsel ditambah Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan.