Suka ngemil malam hari? Siap-siap susah tidur dan obesitas

id makan,ngemil malam hari,makan malam,tidur nyeyak,kesehatan tubuh,berita sumsel,berita palembang,makan snack

Ilustrasi. (Ist)

Jakarta (ANTARA/Indian Express) - Kebiasaan ngemil atau makan di malam hari bisa membuat Anda sulit tidur dan menderita obesitas, menurut sebuah studi.

Kualitas tidur yang buruk menjadi penentu utama terkait dengan kemungkinan yang lebih besar partisipan studi menderita obesitas, diabetes dan masalah kesehatan lainnya.

"Studi laboratorium menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan keinginan makan junk food di malam hari, yang pada gilirannya menyebabkan peningkatan snack yang tidak sehat di malam hari dan mengarah ke kenaikan berat badan," kata Michael A. Grandner dari Departemen Psikiatri Universitas Arizona di Tucson, Amerika Serikat. 

Sebuah survei berbasis wawancara via telepon yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan ke-32 Associated Professional Sleep Societies LLC (APSS) di Baltimore itu menganalisis data dari 3.105 orang dewasa.

Hasilnya, sekitar 60 persen partisipan studi mengaku ngemil di malam hari secara teratur dan dua pertiga melaporkan bahwa mereka kurang tidur dan menginhinkan lebih banyak junk food. 

Studi juga menemukan bahwa menginginkan junk food berhubungan peningkatan dua kali lipat ngemil di malam hari dan ini berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes.

“Tidur semakin diakui sebagai faktor penting dalam kesehatan, di samping nutrisi. Studi ini menunjukkan bagaimana pola tidur dan pola makan saling terkait dan bekerjasama untuk meningkatkan kesehatan, ”kata Christopher Sanchez dari universitas Arizona seperti dilansir Indian Express.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar