Jembatan musi IV ditargetkan beroperasi akhir Juli

id jembatan musi 4,musi Iv,berita sumsel,berita palembang,peresmian jembatan,Jakabaring Sport City,pembebasan lahan,embatan Musi IV,Asian Games XVIII

Jembatan musi IV ditargetkan beroperasi akhir Juli

Foto udara pembangunan Jembatan Musi IV di Palembang. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol/18)

"Ini perkiraan kami, tapi tetap juga tergantung cuaca, ketersediaan bahan-bahan bangunan dan kepadatan lalu lintas air," kata dia
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Jembatan Musi IV, Palembang, ditargetkan beroperasi akhir Juli 2018 dengan harapan agar dapat digunakan sebelum Asian Games XVIII pada Agustus mendatang.?

Pejabat Pembuat Komitmen Jembatan Metropolitan Balai Besar Pelaksanaan Jalan nasional (BBPJN) Wilayah V Kementerian PU/Pera di Palembang, Senin, mengatakan target tersebut diperkirakan dapat tercapai karena progres terbaru per awal Juni sudah tercapai 81,78 persen.

"Progres ini berdasarkan penyerapan anggaran, artinya pekerjaan sebenarnya sudah jauh lebih cepat," kata dia.

Ia menjelaskan saat ini pekerjaan sudah menyelesaikan 9 segmen dari 18 segmen. Setiap segmen membutuhkan waktu sekitar 6-7 hari sehingga dalam 45 hari ke depan diperkirakan akan tersambung.

"Ini perkiraan kami, tapi tetap juga tergantung cuaca, ketersediaan bahan-bahan bangunan dan kepadatan lalu lintas air," kata dia.

Setelah seluruh segmen tersambung, ia melanjutkan, pekerjaan akan diteruskan dengan finishing yakni pengaspalan, pemasangan marka jalan dan lampu.

Sementara untuk pilar jembatan, saat ini tinggal tiga pilar yang masih dalam pengerjaan dari 14 yang ditargetkan.

Terkait tiga pilar yang belum dikerjakan itu, ia mengungkapkan, sebenarnya dikarenakan belum tuntasnya pembebasan lahan.

"Kami sebagai pelaksana masih menunggu pemerintah kota untuk menyelesaikannya," ujar dia.

Jembatan Musi IV sepanjang 1.130 kilometer dan lebar 12 meter ini mulai dikerjakan tahun lalu dengan target selesai sebelum Asian Games.

Infrastruktur ini diharapkan menjadi jalur alternatif menuju kawasan seberang ulu tempat berada Jakabaring Sport City. Selama ini akses jalan ke Seberang Ulu hanya melalui Jembatan Ampera dan Jembatan Musi II.