Petani jagung harapkan bantuan mesin pemipil

id petani jagung,panen jagung,mesin prontok jagung,pertanian jagung,tanaman jagung,jagung

Petani jagung harapkan bantuan mesin pemipil

Dokumen - Panen jagung (ANTARA FOTO)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Petani jagung di Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengharapkan bantuan mesin pemipil atau alat untuk merontokan jagung hasil panen dari pemerintah daerah setempat guna mengurangi biaya produksi.

"Mesin pemipil ini sangat kami perlukan untuk merontokan jagung agar lebih mudah," kata Ketua Kelompok Tani Desa Batumarta I, Kecamatan Lubuk Raja, Ogan Komering Ulu (OKU), Aman di Baturaja, Jumat.

Dia mengatakan, usulan tersebut disampaikan pihaknya kepada pemerintah daerah setempat melalui Dinas Pertanian Kabupaten OKU untuk direalisasikan tahun ini.

Bahkan lanjut dia, usulan bantuan mesin ini pernah kami sampaikan juga tiga tahun yang lalu namun hingga saat ini belum direalisasikan oleh pihak terkait," katanya.

"Sudah sejak lama belum pernah ada bantuan mesin untuk kelompok tani di Kecamatan Lubuk Raja," ungkapnya.

Oleh karena itu kata dia, pada tahun ini pihaknya mengusulkan kembali usulan bantuan mesin pemipil tersebut untuk dua kelompok tani yang ada di Desa Batumarta I agar mempermudah pekerjaan petani dalam merontokan jagung sebelum dijual.

"Di desa kami ada dua kelompok tani masing-masing beranggotakan 30 orang petani jagung yang sangat memerlukan mesin tersebut," jelasnya.

Menurut dia, jika bantuan tersebut diberikan oleh pemerintah selain mempermudah pekerjaan petani juga dapat mengurangi biaya produksi jagung yang harus dikeluarkan setiap masa panen.

"Sebab selama ini para petani membayar upah untuk merontokan jagung sebelum dijual di pasaran," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian OKU, Joni Saihu saat dikonfirmasi secara terpisah melalui telepon genggamnya terkait hal tersebut tidak dapat dihubungi karena dalam keadaan tidak aktif.