BBKSDA temukan jejak harimau dewasa

id harimau,bksda riau,penemuan harimau,jejak harimau,berita sumsel,berita palembang

BBKSDA temukan jejak harimau dewasa

Dokumentasi- Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae). (ANTARA/Saptono)

Pekanbaru (ANTARA News Sumsel)- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, mengkonfirmasi telah menemukan jejak harimau sumatare (panthera tigris sumatrae) dewasa di areal perkebunan sawit PT Seko Indah, Desa Lembah Dusun Gading, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu.

Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Mulyo Hutomo di Pekanbaru, Jumat, menjelaskan dari hasil pemeriksaan, jejak tersebut dipastikan berasal dari telapak kaki harimau dewasa.

"Satu ekor harimau dewasa," katanya.

Dia mengatakan kronologis temuan jejak harimau dewasa itu berawal ketika sejumlah warga desa dan karyawan perusahaan perkebunan melihat seekor harimau berkeliaran di wilayah itu.

"Laporannya pada Selasa kemarin (29/5), kemudian keesokan harinya kita bersama TNI Polri langsung melakukan pemeriksaan," ujarnya.

Hasilnya, memang ditemukan beberapa jejak harimau di sekitar lokasi tersebut, dan dipastikan merupakan seekor harimau sumatera dewasa.

Lebih jauh, Hutomo belum dapat memastikan dari mana asal satwa tersebut. Namun, dari penelusuran Antara di lokasi tersebut terdapat beberapa kantong harimau, salah satunya adalah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT).

Terpantaunya jejak harimau itu menjadi atensi serius, baik bagi BBKSDA Riau maupun TNI dan Polres Indragiri Hulu. Pasalnya belum lama ini, seekor harimau sumatera betina bernama Bonita juga sempat muncul di Kecamatan Pelangiran Kabupaten Indragiri Hilir.

Bonita, harimau betina berusia empat tahun itu bahkan sempat menewaskan dua orang manusia, sebelum akhirnya berhasil ditangkap belum lama ini. Pencarian Bonita sendiri menjadi proses pencarian dan evakuasi terlama di Indonesia.