Sumsel fokus cegah kebakaran hutan di OKI

id bpbd sumsel,karhutla,kebakaran hutan dan lahan,hutan,lahan gambut,gambut,iriansyah

Sumsel fokus cegah kebakaran hutan di OKI

Petugas gabungan Manggala Agni Daops Banyuasin, BPBD Prov Sumsel, BPBD OI, TNI dan Polri melakukan pemadaman kebakaran lahan di Desa Pelabuhan Dalam, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Jumat (8/4).(ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/17)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Selatan lebih fokus melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir karena daerah tersebut banyak terdapat lahan gambut.

"Jika hutan dan lahan serta kebun di kabupaten tersebut tidak terbakar maka Sumsel akan aman dari kabut asap," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumsel Iriansyah di Palembang, Jumat.

Oleh karena kabupaten tersebut menjadi prioritas pencegahan kebakaran hutan dan lahan supaya kabut asap tidak terulang kembali seperti pada 2015.

Berdasarkan pengalaman kebakaran hutan dan lahan pada 2015 di kabupaten tersebut banyak kabut asap, ujar dia.

Dia mengatakan, dari areal gambut yang ada di Sumsel terluas di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Oleh karena itu pihaknya mengutamakan pencegahan di kabupaten tersebut supaya kabut asap tidak akan timbul, kata dia.

Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games sehingga kebakaran hutan dan lahan harus dicegah, ujar dia.

Namun, lanjut dia, walaupun demikian pihaknya tetap memperhatikan kabupaten lainnya di Sumsel dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Daerah rawan terbakar lainnya seperti Ogan Ilir, Musi Banyuasin dan Banyuasin dan ini memang tetap jadi perhatian, ujar dia.

Yang jelas cegah dini dimaksimalkan supaya Asian Games berlangsung sukses, tambah dia.