Tol Kayuagung-Palembang-Betung belum untuk mudik

id tol,jalur mudik,pembangunan tol,jalur mudik lebaran,berita sumsel,berita palembang

Tol Kayuagung-Palembang-Betung belum untuk mudik

Foto udara simpang susun jalan Tol Trans Sumatera Ruas Palembang-Indralaya (Palindra). (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Jalan Tol Kayuagung-Palembang-Betung (Kalpatung), Sumatera Selatan (Sumsel), belum bisa digunakan untuk jalur mudik Lebaran 2018.

Kepala Divisi VI PT Waskita Karya Ruas Tol Kalpatung Gunadi di Palembang, Kamis, mengatakan, terkait ini sudah dibicarakan dalam rapat pemerintah tingkat pusat mengingat Presiden Joko Widodo mengintruksikan proyek tol dapat difungsikan membantu kelancaran arus mudik.

"Sejumlah ruas masih terputus baik di jalur Palembang ke Kayuagung, begitu pula dari Kayuagung ke Betung," kata Gunadi.

Hal ini terkait dengan belum rampungnya proses pembebasan lahan. Sementara, progres hingga 40 km baru mencapai 98 persen, sedangkan 40 km hingga 112 km baru tercapai 70 persen.??

Pekerjaan juga tidak bisa berlangsung cepat karena untuk ruas hingga 40 km sebagian besar merupakan rawa bergambut, sehingga Waskita Karya harus menggunakan teknologi vakum kurang lebih delapan bulan untuk mengeringkannya.

Oleh karena itu, proyek Tol Kalpatung yang masuk dalam mega proyek Tol Trans Sumatera ini ditargetkan selesai total pada 2019.

Terkait Asian Games yang akan digelar pada Agustus mendatang, Gunadi mengatakan sejumlah ruas Tol Kalpatung sudah bisa digunakan meski hanya sejauh 20 km, yakni dari arah Jejawi ke Desa Bedu, Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Saat ini, ruas jalan untuk Asian Games itu dalam pekerjaan dengan?target selesai pada Juni 2018, yakni hingga tahapan lapisan kedua.

"Nanti kendaraan yang biasanya melalui jalan lintas timur dapat memanfaatkan ruas tol ini, sehingga dari Palembang dapat langsung ke Kayuagung. Tentunya ini akan membantu kelancaran arus mudik," kata dia.

Saat ini di Provinsi Sumsel tengah dibangun dua proyek Tol Trans Sumatera yakni Palindra 19 km dan Kalpatung 112 km. Sejauh ini Tol Palindra yang sudah bisa dilalui untuk kendaraan mudik Lebaran yakni seksi 1 Palembang-Pemulutan sejauh tujuh km.