BPJS Kesehatan targetkan kepesertaan 95 persen Tahun 2019

id BPJS,BPJS Kesehatan,JKN,Jaminan kesehatan nasional

BPJS Kesehatan targetkan kepesertaan 95 persen Tahun 2019

BPJS Kesehatan (Antarasumsel.com/Feny Selly/17)

Palembang (ANTARA News Sumsel) – Untuk mencapai cakupan kepesertaan 95 persen di tahun 2019, BPJS Kesehatan Kota Palembang terus meningkatkan performanya melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Kami berharap kepesertaan BPJS Kesehatan mencapai 95 persen pada 2019 lewat adanya JKN," kata Plh Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Palembang Andi Ashar di Palembang, Kamis.

Dia juga mengatkan wilayah kerja kantor BPJS Kesehatan cabang Kota Palembang terdiri dari 5 kabupaten dan kota, dengan kepesertaan mencapai 82,7 persen untuk Kota Palembang, 48 persen kabupaten Ogan Komering Ilir, 48 persen Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin 57 persen, dan Ogan Ilir 56 persen. Berdasarkan data per April 2018 kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Palembang baru mencapai 64,1 persen.

Andi mengatakan masih ada masalah piutang yang ada di BPJS Kesehatan dan masih banyak juga peserta yang menunggak pembayaran tiap bulannya.

“Tentang iuran, menjadi kewajiban bersama. Kami melakukan edukasi kepada kepesertaan mandiri karena masih ada piutang kurang lebih Rp25 miliar untuk kepesertaan mandiri di wilayah kerja kami, " katanya.

Sedangkan fasilitas kesehatan tingkat pertama BPJS Kesehatan  bekerja sama dengan 401 pusat kesehatan dan 36 rumah sakit, 27 di antaranya berlokasi di Kota Palembang