Sungai Sekanak hingga Lambidaro dikeruk dua meter untuk restorasi

id restorasi,sungai sekanak,IPAL,jembatan sungai,sungai musi

Sungai Sekanak hingga Lambidaro dikeruk dua meter untuk restorasi

Pemkot Palembang akan melakukan restorasi berupa pengerukan Sungai Sekanak hingga Sungai Lambidaro sedalam dua meter, Rabu (30/5) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)

....Jadi air sungai ini tidak akan lagi kotor melainkan akan jernih karena air sungai bisa masuk. Selesai dibangun kami harap tidak ada lagi warga yang membuang limbah ke sungai....
Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pengerjaan restorasi Sungai Sekanak Palembang akan dilakukan pengerukan dengan kedalaman dua meter agar air pasang surut dari Sungai Musi dapat masuk ke anak sungai tersebut.

"Pengerukan dimulai dari Sungai Sekanak hingga Sungai Lambidaro di Kecamatan Gandus sedalam dua meter," Kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Palembang, Ahmad Bastari, Rabu.

"Proses pekerjaan restorasi sungai Sekanak sudah berjalan sejak satu minggu yang lalu dan saat ini sedang tahap persiapan pekerjaan fisik. Tinggal pelaksanaan yang akan dilakukan dalam waktu satu dua hari lagi," jelasnya.

Sungai inipun nantinya tidak akan kotor, karena akan dilengkapi dengan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) sehingga akan menjadi wisata sungai dan dapat digunakan untuk berlayar.

"Jadi air sungai ini tidak akan lagi kotor melainkan akan jernih karena air sungai bisa masuk. Selesai dibangun kami harap tidak ada lagi warga yang membuang limbah ke sungai," tegasnya.
Pemkot Palembang juga akan melakukan restorasi sejumlah jembatan yang dilalui sungai. Jembatan yang sebelumnya datar, akan dirubah sedikit melengkung, agar perahu atau rakit bisa melintas diatas sungai Rabu (30/5) (ANTARA News Sumsel/Kiki Wulandari/Erwin Matondang/18)
Untuk merealisasikan proyek ini, sejumlah jembatan yang dilalui sungai akan sedikit dirombak. Jembatan yang sebelumnya datar, akan dirubah sedikit melengkung, agar perahu atau rakit bisa melintas diatas sungai.

Tujuh jembatan yang akan dirombak, yakni jembatan di Jalan Merdeka, Jalan Rivai, Jalan Radial, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Lunjuk, dan Jalan Puncak Sekuning.