Tiap tahun naik 30 persen, Sumsel miliki 6.012 PAUD

id PAUD,pendidikan anak usia dini,Himpaudi,Sumsel

Tiap tahun naik 30 persen, Sumsel miliki 6.012 PAUD

Anak anak PAUD (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA News Palembang) - Pertumbuhan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Sumatera Selatan naik 30 persen tiap tahun dengan total 6.012 PAUD di 2018.

"Sampai April 2018 saja kami mencatat sudah 6.012 lembaga PAUD di Sumsel, sedangkan jumlah tenaga pengajarnya mencapai 9 ribu lebih di Sumsel," Kata Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Sumsel Handasiyah di Palembang, Senin (28/5).

Pertumbuhan tersebut menurutnya naik 30 persen pertahun terutama sejak pemerintah mencanangkan program satu desa satu PAUD sejak tahun 2003.

Dia menjelaskan PAUD telah menjadi alternatif mayoritas orang tua sebelum memasukkan anaknya ke sekolah dasar, apalagi di beberapa sekolah syarat penerimaan calon murid sudah ketat, seperti harus sudah bisa membaca dan menulis. 
Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Sumsel Handasiyah di Palembang, Senin (28/5). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)
Menjamurnya jumlah PAUD juga melampaui target program satu desa satu paud hingga jumlah anak didik lembaga PAUD dibawah HIMPAUDI Sumsel diperkirakan 20.000 anak.

"Memang ada daerah yang melebihi target pemerintah, namun ada juga daerah yang masih kurang bahkan belum tersentuh PAUD seperti daerah 3T (tertinggal terdepan, terluar)," ujar Handasiyah. 

Persoalan yang masih dihadapi daerah 3T yakni kurangnya tenaga pengajar, akses lokasi yang sulit, serta kurangnya fasilitas sinyal komunikasi.