Menhub : Sumsel dapat investasi paling besar di luar Jawa

id Investasi,Menteri perhubungan,LRT,Unsri,Dialog kebangsaan

Menhub : Sumsel dapat investasi paling besar di luar Jawa

Menteri Perhubungan Budi Karya saat dialog kebangsaan dan buka puasa bersama Universitas SriwijayaPalembang, Sabtu (26/5) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan mendapat investasi terbesar selama dua tahun terakhir untuk wilayah di luar pulau Jawa, kata Menteri Perhubungan Budi Karya. 

"Bayangkan, Indonesia sebesar ini tapi kereta layang ringan atau LRT yang pertama ada di Palembang, Sumatera Selatan, nilai investasinya saja mencapai Rp13 triliun, belum lagi jalan Tol nya," ujar Budi Karya saat dialog kebangsaan dan buka puasa bersama di Universitas SriwijayaPalembang, Sabtu. 

Menurut dia, pembangunan yang dirancang presiden Jokowi yang berasas Indonesia Sentris, realisasinya sudah nampak di Sumatera Selatan. 

Pembangunan LRT adalah pilihan moda transportasi menuju Kota Palembang yang metropolitan, dan  nanti ditambah fasilitas-fasilitas pendukung lain, lanjutnya. 

Kemenhub tidak hanya membangun moda transportasi massa, namun juga logistik dan pariwisata, misalnya pengembangan Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta dan penambahan ruas baru rel ganda kereta api di Sumsel yang terbukti mempercepat pembangunan ekonomi. 

"Sumsel bangga dengan sejarah kerajaan Sriwijayanya, dan sekarang pemerintah khususnya pemda sedang mewujudkan kejayaan tersebut," jelas Budi Karya di hadapan mahasiswa lintas perguruan tinggi di Sumsel. 

Dalam dialog kebangsaan tersebut Budi berkesempatan membaca puisi berjudul "Sumpah Abadi" karya Dewi Dee Lestari dan memberikan hadiah tiga unit laptop kepada mahasiswa yang mampu berpidato mengenai problematika pemuda Indonesia.