Komunitas 1 Hari 1 Juz gelar olimpiade pecinta Al Quran

id olimpiade pecinta Alquran,one day one juz,1 hari 1 juz

Komunitas 1 Hari 1 Juz gelar olimpiade pecinta Al Quran

Komunitas 1 Hari 1 Juz atau 'One Day One Juz' (ODOJ) menggelar olimpiade pecinta Qur'an tingkat provinsi Sumatera Selatan di Palembang, Sabtu (26/5) (ANTARA News Sumsel/Deny Wahyudi/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel)- Komunitas 1 Hari 1 Juz atau 'One Day One Juz' (ODOJ) menggelar olimpiade pecinta Al Quran tingkat Provinsi Sumatera Selatan yang digelar di Masjid  Al Raiyah DPRD setemoat,  26-27 Mei 2018.

"Tahun ini  sebanyak 70 peserta bersaing memperebutkan juara pada lomba Musabaqoh Tilawatil Quran, Musabaqoh Hifdzhil Quran dan Tafsir Quran Tahun 2018. Nanti pemenang tingkat Provinsi Sumsel akan berlomba di tingkat nasional di Lombok Nusa Tenggara Barat," kata Ketua Panitia ODOJ Beni di Palembang, Sabtu.

Beni mengatakan peserta merupakan perwakilan pesantren dan Rumah Tahfizd dan umum Se-Sumatera Selatan. Olimpiade ini rencananya akan digelar tiap dua tahun sekali. Pemenang olimpiade tingkat Provinsi Sumsel akan mendapatkan hadiah umroh.

Sementara itu Ketua ODOJ Sumsel Oktariana mengatakan tujuan olimpiade ini untuk membudayakan umat muslim terbiasa dekat dengan Al-Qur'an minimal satu hari satu juz.

Dia mengatakan One Day One Juz adalah program yang diinisiasi oleh Alumni Rumah Quran untuk memfasilitasi dan mempermudah umat dalam tilawah Al-Qur’an dengan targetan 1 juz sehari. Dengan memanfaatkan Instant Messager, tilawah 1 juz sehari jadi lebih menyenangkan dan lebih termotivasi.

Mekanismenya adalah membangun grup ODOJ di Whatsapp dimana 1 grup beranggotakan 30 orang, kemudian dibuat sistem pelaporan dan lelangan juz maka targetan yang ingin dicapai adalah 30 Juz Al-Quran dapat diselesaikan oleh satu grup setiap harinya dan khatam pribadi setiap bulannya dengan asumsi 1 anggota tidak absen tilawah juz Al-Quran secara berurutan selama sebulan.