Dewan Kopi Sumsel akan hilirisasi kopi daerah

id dewan kopi,kopi,pedagang kopi,petani kopi,tanaman kopi,zein ismet

Dokumen - M Zein Ismed (tengah) ketika menjabat Sekretaris Perusahaan PT Pusri Palembang pada 2012 (FOTO: ANTARA/Ansyor/12)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dewan Kopi Sumatera Selatan akan melaksanakan hilirisasi kopi daerah supaya memiliki nilai jual tinggi sehingga petani makin sejahtera.

Ketua Dewan Kopi Sumsel Zain Ismed malalui humas Iwan Wahyudi di Palembang, Kamis, mengatakan bahwa kopi merupakan unggulan daerah tetapi produknya belum begitu bervariasi.

Oleh karena itu, pihaknya akan melaksanakan hilirisasi kuliner khas daerah tersebut sehingga produk unggulan Sumsel itu nantinya banyak pilihan.

Untuk mewujudkan itu, pihaknya membentuk koperasi karena itu sebagai wadah mengembangkan usaha.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan pertemuan dengan Dinas Perkebunan Sumsel membahas pembentukan koperasi tersebut.

Selain itu, katanya lagi, juga merencanakan program kerja Dewan Koperasi Sumsel pada masa mendatang.

Pembentukan koperasi tersebut sebagai bentuk keseriusan Dewan Kopi mengangkat perekonomian bagi petani kopi di daerah ini sekaligus mempromosikan kopi Sumsel untuk menjadi tuan rumah di daerah sendiri maupun mancanegara.

"Ini komitmen Dewan Kopi dalam mengangkat Kopi Sumsel, baik masalah hulu maupun hilirnya,"  kata dia.

Yang jelas dengan adanya koperasi, lanjut dia, akan menguatkan nilai tawar Kelompok Tani di hadapan bank.

Sebelumnya, Kepala Biro Perekonomian Setda Sumsel Afrian Joni mengatakan bahwa koperasi penting karena sebagai wadah dalam mengembangkan usaha para petani.

Bila perlu, katanya lagi, koperasi dibentuk hingga pada sentra produksi kopi yang ada di daerah ini agar petani makin sejahtera. (T.U005//D. Kliwantoro) 



 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar