Profil KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji

id Siwi Sukma Adji,Laksamana (TNI) Siwi Sukma Adji,Kepala Staf Angkatan Laut,Joko Widodo,Presiden Joko Widodo

Profil KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji

Saat Pelantikan Laksamana Madya (TNI) Siwi Sukma Adji oleh Presiden . (ANTARA/Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Laksamana (TNI) Siwi Sukma Adji telah dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Laut oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada Rabu.

Menurut penelusuran Antara, Laksamana (TNI) Siwi adalah alumni Akademi Angkatan Laut angkatan 30 yang lulus pada tahun 1985.

Sebelum menjabat sebagai KSAL, Siwi dinas sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI sejak 29 September 2017.

Dalam karir militernya, Siwi juga pernah menjabat sebagai Asisten Perencanaan Umum Panglima TNI dan Panglima Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Barat.

Presiden melantik Laksamana (TNI) Siwi Sukma Adji sebagai Kepala Staf Angkatan Laut menggantikan Laksamana Ade Supandi yang diberhentikan secara terhormat karena memasuki masa pensiun pada Juni 2018.

Pengangkatan itu dilakukan dengan menerbitkan Keppres Nomor 43 TNI Tahun 2018 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Laut yang dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Marsma Trisno Hendradi.

Kepala Negara pun menaikkan pangkat Siwi dari Laksamana Madya (TNI) bintang tiga menjadi Laksamana (TNI) berbintang empat.

Sejumlah tugas yang pernah dilakoninya antara lain sebagai perwira bahari di KRI Oswald Siahaan 354, Kepala Departemen Operasi KRI Untung Suropati 372, Perwira Pelaksana KRI Teluk Sampit 515, Komandan KRI PRB 728, Komandan KRI Sultan Thaha Syaifuddin 376, dan Komandan KRI Nala.